Solo (ANTARA New) - Putri dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara IX menjadi ikon "Festival Payung Indonesia" keempat yang akan digelar di Pura Mangkunegaran Solo pada tanggal 15 hingga 17 September 2017.

"Gusti Raden Ajeng (GRA) Ancillasura Marina Sujiwo, putri dari Sri Mangkunegara IX sebagai ikon FPI 2017 dan Pura Mangkunegara dijadikan tempat acara," kata Ketua Panitia Penyelenggara FPI 2017 Heru Mataya di Solo, Jumat.

Heru mengatakan menggunakan tempat festival di Pura Mangkunegara karena merupakan tempat yang sangat bersejarah dan seperti halnya payung sebagai pusaka nasional yang harus dilindungi.

"Kami berharap tempat festival di Pura Mangkunegara ini, menjadi inspirasi dan kreasi para perajin payung terus berkarya mengembangkan industri payung ke depan," kata Heru Mataya.

Menurut Heru Mataya pada acara Festival Payung Indonesia tahun ini dengan mengambil tema "Sepayung Indonesia" artinya merajut bersama rasa persatuan dan kebersatuan bangsa, menghargai perbedaan dalam beragaman, berteduh bersama di bawah Payung Indonesia-Pancasila.

Festival itu akan memamerkan sekitar 127 payung rajut karya perajut dari berbagai kota di Indonesia antara lain Lhokseumawe, Medan, Lampung, Tangeran, Depok, Sukabumi, Ourwokerto, Kudus, Malang, Semarang, Yogyakarta, Magelang, Madiun, Bali, Surabaya, Jakarta, Boyolali, Pati, Sukoharjo, Makassar, Klaten, Pacitan.

"Karya perajut itu akan merepresentasikan keberagaman FPI. Merajut kreativitas berbagai daerah dalam kebersamaan," katanya.

Acara tersebut dimeriahkan pameran fotografi payung yang terdapat relief candi zaman klasik Hindu Budha di Indonesia.

Hal itu merupakan bukti arkeologis bahwa payung sudah ada di masa lalu yaitu payung telah hadir dalam kehidupan sehari-hari masyarakat nusantara masa lalu.

Selain itu, lanjut dia, pameran fotografi zaman kolonial Belanda menunjukkan bukti bahwa di era itu telah hadir industri kerakyatan kerajinan payung.

Pada pameran payung tradisi akan diikuti delegasi dari Thailand, Kaliwungi Kendal, Juwiring Klaten Tasikmalaya, Malang, Sawahlunto, Yogyakarta, Banyumas, Gianyar dan Kampar Riau.

Pameran payung kreasi peserta antara lain lukis payung batik Blitar, Payung Sibori Kreativitas Bina Hasta Jakarta dan Payung Ecoprint-Ninik Debora Yogyakarta.

Bahkan pada festival juga dimeriahkan pameran lukis payung sepayung Indonesia bersama 28 pelukis Indonesia, serta pameran Wastra Lurik Prasodjo Pedan Klaten dan Tenun Ikat Sumba Timur.

Gusti Raden Ajeng (GRA) Ancillasura Marina Sujiwo yang menjadi ikon FPI 2017 merasa bangga terpilih menjadi ikon PFI 2017 yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

"Saya bangga terpilih menjadi ikon FPI. Payung merupakan pusakan nasional yang harus dilestarikan. Payung sendiri sebagai pelindung bagi pemakainya," kata Ancillasura.

Menurut dia, payung juga dapat menggambarkan sebagai strata pemiliknya dari jenis tradisional hingga modern. Festival yang digelar di Pura Mangkunegaran juga sebagai tempat benda bersejarah, sekaligus mengenalkan agar lebih kenal lagi oleh masyarakat luas.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017