Sumenep (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur memonitor persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018 yang dilakukan jajarannya di kota/kabupaten di provinsi ini.

"Alhamdulillah, jadwal tahapan pilkada serentak sudah ada dan mulai dilaksanakan oleh kami dan jajaran. Semuanya siap dan kami terus memantau perkembangannya," ujar Ketua KPU Jawa Timur, Eko Sasmito di Sumenep, Kamis.

Eko berada di Sumenep untuk menghadiri sekaligus menjadi narasumber kegiatan yang digagas komisioner KPU kabupaten setempat.

Selain Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur pada 2018, terdapat 18 pemilihan bupati-wakil bupati dan pemilihan wali kota-wakil wali kota di Jawa Timur.

Saat ini, tahapan pilkada serentak 2018 yang akan dan sedang dilakukan oleh KPU kota/kabupaten di Jawa Timur adalah rekrutmen panitia pemilihan kecamatan (PPK).

"Untuk pilkada serentak 2018, jumlah anggota PPK sebanyak lima orang di masing-masing kecamatan. Setelah PPK terbentuk, nantinya rekrutmen panitia pemungutan suara (PPS)," kata Eko, menerangkan.

Ia menjelaskan, sesuai hasil laporan dan evaluasi sementara, hingga sekarang belum ada kendala signifikan yang menghambat kinerja jajarannya untuk melaksanakan tahapan pilkada serentak 2018.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, hari "H" pilkada serentak 2018 di Jawa Timur pada 27 Juni 2018.

Pewarta: Abd Aziz/Slamet Hidayat
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017