Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) menganugerahkan penghargaan kepada Kementerian, Lembaga, Swasta, BUMN maupun Yayasan, Foundation dengan kategori Gold, Silver dan Bronze serta satu kategori khusus yaitu Most Commited Partner, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada institusi pendonor Beasiswa bagi mahasiswa.

"Terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kontribusi para mitra beasiswa UI yang telah berpartisipasi meningkatkan kesejahteraan mahasiswa serta mewujudkan tri Dharma pendidikan berupa beasiswa kepada mahasiswa-mahasiswi UI," kata Rektor UI Prof. Muhammad Anis dalam acara UI Scholarship Award 2017, Selasa.

Ia mengatakan kerja sama yang terjalin antar UI dengan pemerintah maupun swasta sangat mendukung komitmen UI untuk menyelenggarakan pendidikan inklusif. Dalam rangka pemerataan kesempatan belajar bagi seluruh anak didik di Indonesia, UI menyelenggarakan seleksi masuk ke UI berdasarkan kemampuan akademis bukan kemampuan finansial.

Untuk itu, jika ada mahasiswa baru yang menyatakan diri tidak sanggup membayar biaya pendidikan selama berkuliah di UI, maka UI melalui Subdit Kesejahteraan Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan akan berupaya mencari solusi bagi mahasiswa tersebut.

Acara yang diadakan setiap tiga tahun sekali oleh Direktorat Kemahasiswaan UI ini mengkategorikan penghargaan Gold, Silver dan Bronze berdasarkan lama kerjasama yang terjalin sebagai Mitra UI.

Peraih penghargaan Most Commited Partner dianugerahkan kepada Tanoto Foundation. Kategori ini diberikan bagi mitra beasiswa yang tidak hanya memberikan beasiswa namun juga mendukung berbagai kegiatan akademik maupun non akademik di UI.

Pada kategori Gold (kerjasama telah terjalin selama lebih dari 20 tahun) dianugerahkan kepada delapan institusi yaitu PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk ; Mitsubishi UFJ Foundation- The Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ ; Yayasan Karya Salemba Empat dr. Kahar Tjandra ; Program Orang Tua Asuh FK UI ; Yayasan Asahi Glass Indonesia ; BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) dan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi).

Pada kategori Silver yang mana kerjasama telah terjalin selama 10 ? 20 tahun, dianugerahkan kepada 16 institusi antara lain Yayasan Goodwill International ; PT Bank Central Asia, Tbk ; Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti ; Bank Indonesia ; Yayasan PK A & A Rachmat.

Sedangkan pada kategori Bronze (kerjasama telah terjalin selama sampai dengan 10 tahun) dianugerahkan kepada 90 institusi antara lain PT AEON Indonesia ; PT Lotte Mart Indonesia ; PT BII Maybank ; Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun ; Bank KEB Hana ; PT Marubeni Indonesia ; Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Perguruan Tinggi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017