Jakarta (ANTARA News) - Mengisi ruang kerja dengan tanaman dapat membantu memerangi hari-hari ketika tubuh kurang prima serta mengurangi tingkat stres, berdasarkan studi baru.


Mereka yang kantornya di gedung bertingkat tinggi tahu betul betapa mudahnya penyakit menyebar.

Tapi, meski masalah kesehatan sering dikaitkan dengan ventilasi buruk, bahan kimia yang ada di perabot kantor juga bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Menurut peneliti, solusinya sederhana saja. Cukup berinvestasi lewat tanaman hijau yang akan membantu membersihkan udara dari bahan kimia beracun.

"Salah satu cara terbaik untuk mengatasi sakit dan stres adalah dengan mengisi kantor dengan tanaman," tulis Eddie van Etten dan Pierre Horwitz untuk The Conversation seperti dilansir Independent.

"Idealnya, Anda ingin tanaman yang mudah dirawat dan bisa 'membersihkan' patogen di udara, mengurangi bakteri dari kantor, dan bisa tetap segar meski hanya mendapat sedikit cahaya matahari."

Para peneliti menambahkan bahwa menaruh tanaman hijau di kantor dapat membantu membersihkan udara dari zat berbahaya yang ditemukan di perabot kantor termasuk formaldehid, benzena, etilbenzena, toluena, xilena, dan bahkan amonia dari produk pembersih.

Tak hanya itu, selain kantor bisa menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri yang menyebabkan virus, Etten dan Horwitz mengatakan bahwa bakteri yang terkait dengan tanaman sebenarnya bisa baik untuk tubuh.

"Bakteri baik pada tanaman di dalam ruangan dan yang ada di tanah adalah hal tambahan penting bagi kantor, dapat menstabilkan ekologi di lingkungan sintetis," imbuh mereka.

"Bakteri di tanaman juga dapat membantu menghindari wabah dari patogen dan menyeimbangkan ekosistem.

"Keseimbangan ini mengurangi penyakit virus dan meningkatkan tingkat kesehatan staf."

Temuan ini juga didukung oleh penelitian NASA sebelumnya yang menemukan bahwa menanam beberapa jenis tumbuhan tertentu di rumah bisa mencegah Anda jatuh sakit.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018