Medan (ANTARA News) - Peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara, calon gubernur Edy Rahmayadi bersama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus, berpawai untuk memperkenalkan diri kepada warga setelah mengucapkan ikrar kampanye damai pada Minggu.

Dari Taman Budaya Sumatera Utara di Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, para calon gubernur dan wakil gubernur bersama para pendukung mereka dan pejabat terkait menyusuri Jalan Thamrin, Jalan HM Yamin, Jalan Merak Jingga, Jalan Yos Sudarso, Jalan Adam Malik, Jalan Maulana Lubis, Jalan Raden Saleh, Lapangan Merdeka, Jalan Putri Hijau, lalu kembali ke Taman Budaya Sumatera Utara.

Pendukung Djarot-Sihar yang terlihat mengikuti pawai antara lainKetua PDI Perjuangan Sumatera Utara Japorman Saragih, serta anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Trimedya Panjaitan dan Junimart Girsang.

Sementara di antara pendukung Edy, yang mengikuti pemilihan kepala daerah berpasangan dengan Musa Rajeckshah, terlihat Ketua PAN Sumatera Utara Yahdi Khair Harahap dan sekretaris Hendra Cipta, Sekretaris Partai Golkar Sumatera Utara Irham Buana Nasution, dan Sekretaris Partai Perindo Sumatera Utara Donna Siagian.

Edy Rahmayadi dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus sebelum berpawai berikrar menaati ketentuan pemilihan kepala daerah dan berkampanye secara damai serta melepaskan burung dan balon.

Mereka juga menandatangani naskah deklarasi pilkada damai disaksikan anggota KPU Ilham Saputra dan Ketua KPU Sumatera Utara Mulia Banurea.

Mulia berharap deklarasi kampanye pilkada damai dan pawai tersebut mendorong seluruh peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur dan tim pemenangan mereka menjadikan kampanye sebagai ruang edukasi politik bagi warga.

Ia berharap para calon memanfaatkan masa kampanye untuk menyampaikan visi-misi dan rencana program kerja mereka ke para pemilih.

"Gunakanlah tahapan kampanye dalam proses memberikan pendidikan politik dan demokrasi di Sumut," kata Mulia.



Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018