Jakarta (ANTARA News) - Pemgamat politik dari The Indonesian Public Institute Karyono Wibowo menilai upaya membentuk poros ketiga dalam Pilpres 2019 sulit dilakukan namun mungkin terjadi jika ada perkembangan politik yang mendukungnya.

"Tidak mudah untuk mewujudkan poros ketiga. Sebab kepentingan politik pasti berjalan dinamis serta alot, yakni terbelenggu oleh ambang batas presiden sebesar 20 persen, serta dinamika tawar-menawar posisi capres-cawapres yang tak mudah dikompromikan," jelas Karyono dihubungi di Jakarta, Jumat.

Saat ini poros yang sering muncul adalah pendukung Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Tetapi Karyono mengatakan terbentuknya poros ketiga ini mungkin terjadi jika dalam kekuatan poros ketiga itu terdapat satu partai yang saat ini berada dalam koalisi pemerintah.

"Misalnya jika PKB keluar dari poros pemerintah. Jika Demokrat dan PKB mencapai kesepakatan, dan PAN ikut bergabung, maka poros ketiga bisa terbentuk," jelas dia.

Dia menekankan segalanya bergantung terhadap kesepakatan politik ketiga partai itu dengan Jokowi.

Lebih jauh Karyono menyatakan bahwa pembentukan poros ketiga dapat dilandasi oleh dua alasan.

Alasan pertama, untuk meningkatkan posisi tawar politik. Sedangkan alasan kedua, yang bersifat sangat politis, yakni untuk memecah perolehan suara Jokowi.

Menurut Karyono, Jokowi masih dominan jika hanya berhadapan dengan Prabowo Subianto. Namun jika terbentuk poros ketiga, maka suara pemilih Jokowi dapat pecah, dan berpotensi terjadi dua putaran Pilpres.

Celah tersebut dapat dimanfaatkan untuk membalikkan keadaan.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018