Madrid (ANTARA News) - Siapa pemain sepak bola terbesar sejagat? Cristiano Ronaldo yang membela Real Madrid atau Lionel Messi yang bermain bagi Barcelona? Jawabannya, silakan menyimak dan memungut butir-butir meditasi dari pernyataan ahli fisika dan penemu teori relativitas, Albert Einstein (1879-1955).

Pemain depan Real Madrid Cristiano Ronaldo mengatakan bahwa ia pemain terbaik dunia sepanjang sejarah sepak bola. Pernyataan itu diutarakan ketika ia menerima penghargaan untuk kali kelima Ballon d'Or pada 2017.

Dunia sontak tersentak. Bagaimana mungkin, Ronaldo menobatkan dirinya sebagai pemain terbaik dunia? Sementara Lionel Messi digadang-gadang lebih pantas menyandang predikat sebagai pemain terhebat sedunia.

Di mata sejumlah pengamat sepak bola, ada perbedaan karakter antara Ronaldo dengan Messi. Penulis sepak bola Spanyol, Andy West mengatakan Messi tampil sebagai sosok bersahaja. Pemain yang rendah hati, yang tidak suka berkoar mengenai kehebatan dirinya, terlebih ketika dibanding-bandingkan dengan Ronaldo.

Baca juga: Hikayat gol tercepat Lionel Messi

"Silakan melihat dan menyimak statistik. Dengan begitu anda dapat melakukan penilaian yang rasional, dan tidak emosional semata. Dengan menggunakan data dan fakta serta statistik, maka tidak ada alasan untuk menyebut bahwa Ronaldo lebih baik dibandingkan dengan Messi."

Baca juga: Ronaldo sosok dari planet lain, seloroh Zidane

Di tengah penilaian, antara Ronaldo atau Messi sebagai pemain terbaik dunia, justru Einstein punya pendapat bahwa, "Bahwa banyak orang berkata bahwa kepandaianlah yang menjadikan seseorang ilmuwan besar. Mereka keliru. Jawaban yang benar, yakni karakter."

"Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman," kata Einstein.

Baca juga: Ingin Seperti Albert Einstein, Cintailah Musik

Data dan fakta: (Wikipedia)
* Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, OIH, lebih dikenal Cristiano Ronaldo merupakan seorang pemain sepak bola Portugal.
* Menempati posisi sebagai pemain sayap kiri atau kanan serta penyerang tengah.
* Lahir: 5 Februari 1985,Hospital Dr. Nélio Mendonça, Funchal, Portugal
* Tinggi badan: 1,87 m
* Gaji: 32 juta EUR (2016)
* Anak: Alana Martina dos Santos Aveiro, Eva Maria Dos Santos, Cristiano Ronaldo Jr., Mateo Ronaldo
* Tim saat ini: Real Madrid C.F. (#7 / Penyerang), Tim nasional sepak bola Portugal (#7 / Penyerang)
* Penghargaan: Ballon d'Or, Pemain Terbaik Dunia FIFA

Baca juga: Ronaldo pemain terbaik dunia versi Globe Soccer

Tiga pernyataan Ronaldo:
"Saya belum pernah melihat pemain terbaik di dunia, selain saya. Saya selalu berpikir dan beranggapan seperti itu. Tidak ada pemain sepak bola yang sebaik saya."

"Tidak ada pemain yang punya kemampuan selengkap saya. Saya mampu mengandalkan kedua kaki sama baiknya. Dan saya tidak bicara sebatas Ballon d'Or. Demikianlah, segala sesuatu yang sudah saya katakan."

"Penghargaan ini tidak sebatas hasil kerja yang berkaitan dengan olah tubuh, sebagaimana banyak orang pikir dan anggap sebelumnya. Bisa dibilang, dalam banyak hal seperti legenda Floyd Mayweather Jr. dam LeBron James, meski mereka tidak sampai pada leven yang saya capai. Banyak faktor terjadi kebetulan. Untuk sampai pada puncak karier, anda harus punya talenta segudang dibandingkan dengan yang lainnya."

Meditasi Ronaldo dan Einstein:
* Ingatlah kembali peristiwa yang menggembirakan dan menyedihkan agar kita tidak takabur dan jemawa sebagaimana pernyataan yang dilontarkan Ronaldo.
* Selalu bersyukur dan bersukacitalah ketika melakoni ziarah hidup. Kerendahan hati merupakan bahtera yang menyelamatkan jiwa sebagaimana ditunjukkan Messi. Tinggi hati merupakan awal dari keruntuhan.
* Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman, sebagaimana dikatakan Einstein. Sukacita dan dukacita merupakan mozaik kehidupan.
* Peristiwa bahagia membuat perjalanan hidup menyenangkan. Peristiwa sedih hendaknya menghantar manusia kepada penemuan diri yang sejati.
* Siapa pun Anda, apapun jabatan Anda, perasaan positif merupakan guru terbaik. Perasaan negatif hanya menunjukkan siapa diri Anda sebenarnya.

Meditasi jaman Now:
* Silakan mengenali emosi yang bergejolak dalam diri sendiri. Apakah kemarahan selalu mendominasi tata perilaku Anda bersama sesama di tempat kerja, di sekolah, di tempat-tempat umum?
* Cobalah temukan potensi Anda yang sebelumnya belum anda temukan.
* Ingatlah segala perasaan yang positif ketika Anda bekerja dan bersekolah atau bergaul dengan sesama.
* Yang utama bukanlah kepandaian, atau popularitas, melainkan tabiat atau karakter seseorang ketika bergaul bersama dengan sesamanya.

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018