Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menemui Wakil Presiden Republik Islam Iran Bidang Wanita dan Urusan Keluarga Masumeh Ebtekar di Istana Presiden Bogor.

"Saya senang dengan kedatangan Yang Mulia di Istana Bogor ini dan berharap hubungan bilateral Indonesia dan Iran bisa berlangsung dengan baik," kata Presiden Joko Widodo di Istana Presiden Bogor, Selasa.

Presiden menemui delegasi Wapres Iran didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang mengenakan jilbab ungu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mengenakan baju terusan hitam dan turban oranye, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, dan Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban Din Syamsuddin.

Sedangkan Wapres Iran mengenakan abaya hitam dan didampingi para pejabat terkait.

"Termasuk dengan meningkatnya saling berkunjung antara pejabat tinggi dan kerja sama ekonomi dan perdagangan di bidang energi dan juga rencana penerbangan langsung," kata Jokowi.

Ebtekar diangkat Presiden Iran Hassan Rouhani Agustus tahun lalu. Ia bukan nama baru dalam pemerintahan Iran karena periode pemerintahan sebelumnya, Ebtekar sudah menduduki posisi yang sama.

Semenjak memerintah Iran, Rouhani yang ulama moderat, banyak memasukkan perempuan dalam kabinetnya.
 

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018