London (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag, Kerajaan Belanda,mengadakan Sosialisasi Pemilu 2019 Luar Negeri yang disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku ketua delegasi, Hasyim Asyari, di Aula Nusantara KBRI Denhaag, Jumat (11/5).

Duta Besar RI di Den Haag, I Gusti Agung Wesaka Puja, menyampaikan kegiatan itu diadakan dalam memberikan informasi mengenai penyelenggaraan Pemilu 2019, demikian Sekretaris Kedua Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Den Haag, Dimas A. Pradana kepada ANTARA News, Sabtu .

Dubes RI mengatakan Pemilu 2019 merupakan tonggak sejarah baru perjalanan demokrasi Bangsa Indonesia, yang pertama kalinya melakukan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden-Wakil Presiden secara serentak

Penyelenggaraan Pemilu serentak mendatang menunjukkan proses pendewasaan dan kematangan demokrasi di Indonesia, ujarnya.

Sementara itu, Hasyim Asyari mengapresiasi antusiasme WNI yang hadir.

Selain menekankan pentingnya partisipasi pemilih luar negeri pada Pemilu 2019, ia juga menyampaikan pentingnya peran aktif dan kerja sama antara Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan KBRI Den Haag demi menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 di Belanda.

Sosialisasi itu diikuti sekira 70 peserta terdiri atas masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Belanda, anggota PPLN dan Panwaslu Den Haag, pejabat dan staf KBRI Den Haag dan undangan lainnya.

Sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan awareness WNI di wilayah akreditasi KBRI Den Haag terkait partisipasi aktif WNI dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

Rangkaian kegiatan Sosialisasi Pemilu Luar Negeri diawali di Den haag, dilanjutkan dengan penyelenggaraan Bimbingan Teknis bagi PPLN dan Data Pemilih RI kepada PPLN dari Brussel, Den Haag, Helsinki, Kopenhagen, London, Oslo, dan Stockholm, pada Sabtu dan Minggu.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018