Jakarta (ANTARA News) - Terjadi ledakan di Polrestabes Surabaya, Presiden desak DPR selesaikan RUU tindakan terorisme, pelaku teror Surabaya-Sidoarjo satu jaringan, pengamatan hilal dilakukan 15 Mei 2018, dan THR paling lambat H-7 Lebaran, menjadi lima berita kemarin yang layak baca.

1. Terjadi ledakan di Polrestabes Surabaya
Surabaya (ANTARA News) - Terjadi ledakan di Mapolrestabes Surabaya, Senin pukul 08.50 WIB.

"Telah terjadi ledakan di tempat kejadian perkara (TKP) Polrestabes Surabaya pukul 08.50 WIB," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera.

Baca beritanya di sini.

2. Presiden desak DPR selesaikan RUU tindakan terorisme
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo meminta kepada DPR RI dan sejumlah kementerian terkait untuk segera menyelesaikan RUU Tindak Pidana Terorisme.
   
"Saya juga meminta kepada DPR dan kementerian-kementerian yang terkait yang berhubungan dengan revisi undang-undang tindak pidana terorisme yang sudah kita ajukan pada bulan Februari 2016 yang lalu," kata Presiden di JI Expo Jakarta pada Senin seusai menghadiri peresmian Rakornas Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pusat dan Daerah Tahun 2018.
   
Menurut Presiden, DPR RI dapat menyelesaikan RUU tersebut pada sidang mendatang yaitu 18 Mei 2018.

Berita lengkapnya di sini.

Baca juga: DPR janjikan revisi UU Antiterorisme rampung Juni

3. Pelaku teror Surabaya-Sidoarjo satu jaringan
Surabaya (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan pelaku teror baik di tiga gereja di Surabaya dan Rusunawa di Taman, Sidoarjo masih satu jaringan.

Kapolri Tito mengatakan, dari tim Polri, terutama Polda yang dibantu tim Mabes Polri telah melakukan investigasi untuk mengidentifikasi pelaku.

"Kita sudah mengidentifikasi kelompoknya yaitu Jamaah Ansharud Daulah (JAD). Sudah saya sampaikan kemungkinan motifnya terkait dengan serangan ini karena ada instruksi dari ISIS yang mendesak dan memerintahkan sel-sel lainnya," ujarnya.

Baca berita selengkapnya di sini.

Baca juga: Jenazah 12 korban bom Surabaya diserahkan kepada keluarga

4. Pengamatan hilal di Sumatera Barat 15 Mei 2018
Padang (ANTARA News) - Kementerian Agama wilayah Sumatera Barat, akan melakukan rukyatul hilal atau melihat bulan untuk penetapan awal Ramadhan 1439 Hijriah di Gedung Kebudayaan Sumbar Jalan Diponegoro Padang pada Selasa 15 Mei 2018.

"Rukyatul hilal dilaksanakan menjelang matahari terbenam bertepatan dengan 29 Syaban 1439 Hijriah," kata Kasubag Humas dan Informasi Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat, Irwan, di Padang, Senin.

Berita selengkapnya di sini.

Simak juga: Muhammadiyah tetapkan awal bulan Ramadan 1439 H

5. THR paling lambat H-7 Lebaran
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, meminta perusahaan membayar tunjangan hari raya (THR) paling lambat tujuh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Hal  itu sesuai dengan Surat Edaran Nomor 2/2018 tentang Pembayaran Tunjangan Hari Raya Keagamaan 2018 yang ditandatangani pada 8 Mei 2018 dan ditujukan kepada para gubernur, bupati, dan wali kota se-Indonesia.

"THR Keagamaan wajib dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan. Pekerja yang telah bekerja selama sebulan secara terus menerus juga berhak mendapatkan THR," kata Dhakiri melalui siaran pers, di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.

Baca juga: Pemerintah jamin pasokan bahan pokok aman jelang Ramadan

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018