Yang jelas, Asian Games harus disukseskan bersama, termasuk oleh petugas kebersihan ..."
Palembang (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin minta petugas memantau kawasan olahraga Jakabaring Palembang harus selalu bersih, terutama menjelang penyelenggaraan Asian Games pada Agustus 2018.

"Oleh karena itu, petugas kebersihan harus selalu memantau kawasan tersebut supaya areal itu selalu rapi dan bersih," ujarnya di Palembang, Selasa.

Selama ini diakuinya bahwa petugas kebersihan selalu membersihkan kawasan olahraga terpadu itu karena Sumsel rutin menjadi tuan rumah kegiatan olahraga internasional, dan harus dipertahankan pula saat Pesta Olahraga se-Asia (Asian Games) 2018,

Sumsel dalam beberapa tahun terakhir ini telah menjadi tuan rumah penyelenggara Pesta Olahraga Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (SEA Games), Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) se-Asia Tenggara, Pesta Olahraga Negara Islam dan kegiatan olahraga internasional lainnya.

"Jadi, saat dan usai pertandingan kawasan tersebut tetap bersih karena petugas bekerja secara maksimal," katanya.

Baca juga: Gubernur Sumsel: sosialisasi Asian Games harus digencarkan

Ia juga meminta petugas kebersihan didukung masyarakat senantiasa menjaga kawasan Jakabaring selalu bersih dan rapi karena akan menyambut tamu atlet, ofisial dari 45 negara se-Asia sebagai peserta Asian Games 2018.

Pihaknya juga senantiasa melakukan sosialisasi Asian Games 2018 kepada petugas kebersihaan di Palembang agar mereka semakin memahami manfaatnya bagi kota setempat, Sumatera Selatan dan Indonesia.

"Yang jelas, Asian Games harus disukseskan bersama, termasuk oleh petugas kebersihan yang salah satunya menjaga kawasan pertandingan harus selalu bersih dan rapi," ujarnya.

Baca juga: Asian Games membuat Palembang mendunia

Alex Noerdin juga meminta kepada pejabat Wali Kota Palembang Akhmad Najib agar mengupayakan kenaikan gaji bagi para petugas kebersihan di Kota Palembang sesuai dengan kemampuan keuangan daerahnya.

"Bila memang keuangan sudah mampu, naikkan gaji mereka karena merekalah menjadikan Kota Palembang menjadi rapi dan bersih," demikian Alex Noerdin.

Palembang, Jakarta dan sejumlah tempat di Jawa Barat akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang persiapannya hingga kini terus dimaksimalkan.

Baca juga: Gubernur Alex Noerdin jamin venue Asian Games rampung pada Juni 2018

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018