Jakarta (ANTARA News) - Pegulat Indonesia untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang berlatih bersama dengan timnas Bulgaria di Camakov sebagai persiapan menghadapi event besar se-Asia itu.

"Yang berlatih dengan timnas Bulgaria khusus untuk gaya bebas putra. Latihan di Camakov pegulat mengikuti semua program latihan mereka (Bulgaria)," kata pelatih gulat gaya bebas putra, Zulhaidar dalam keterangan resmi, Selasa.

Ada enam pegulat gaya bebas yang berlatih bersama, yaitu Eko Roni Saputra (57 kg/Kaltim), Ardiansyah (65 kg/Kaltim), Rizky Dermawan (74 kg/DKI Jakarta), Fakhriansyah (86 kg/Kalsel), Ronald Lumban Toruan (97 kg/Sumsel), dan Dimas Seto (125 kg/Jatim).

Keenamnya menjadi mitra tanding pegulat-pegulat Bulgaria. "Sekalian menambah jam terbang dan mengaplikasikan program yang selama ini berjalan," kata Zulhaidar.

Selama satu bulan terakhir tim gulat digembleng di beberapa kota di Bulgaria. Tim gaya bebas putra berlatih di Camakov, sedangkan untuk gaya bebas putri dan grego putra berlatih di ibukota Bulgaria, Sofia.

Baca juga: Gulat diharapan raih satu emas Asian Games

Pegulat gaya bebas putri yang berlatih di Sofia adalah Eka Setiawati (48 kg/Jabar), Dewi Ulfa (53 kg/Kaltim), Mutiara Ayu Ningtias (58 kg/Jatim), Dewi Atiya (63 kg/Jabar), Desi Sinta (69 kg/Banten), dan Ridha Wahdaniyati (75 kg/Kalsel).

Berlatih pula di sini para pegulat gaya grego putra, yaitu Hasan Sidik (59 kg/Jatim), M.Aliansyah (66 kg/Kaltim), Andika Sulaeman (75 kg/DKI Jakarta), Lulut Gilang Saputra (85 kg/Jatim), Ashar Ramadhani (98 kg/Kaltim), dan Papang Ramadhani (130 kg/Kaltim).

Ridha Wahdaniyati mengaku program latihan tetap seperti biasa meski mayoritas atlet menjalani puasa Ramadhan. Semua atlet hanya mendapatkan libur satu hari dalam satu pekan.

"Puasa di sini waktunya lebih panjang," kata pegulat putri asal Kalimantan Selatan itu.

Ridha mengaku tetap memanfaatkan hari libur dengan berjalan-jalan keliling kota sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018