Jakarta (ANTARA News) - Kertas PaperOne yang diproduksi Grup April menyatakan telah menjalin kerjasama dengan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk secara resmi menjadi mitra resmi tim Indonesia pada Asian Games 2018.

Dalam kerjasama ini sendiri, Grup April menggelontorkan dana bantuan sebesar Rp5,25 miliar kepada KOI, melalui anak perusahaannya, PT Riau Andalan Kertas (RAK).

"Kerjasama ini, merupakan bentuk komitmen PaperOne untuk mengambil bagian dalam mendukung prestasi tim Indonesia yang akan membawa nama negara di ajang internasional, salah satunya pada Asian Games pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang," kata Direktur Hubungan Korporasi Grup April Agung Laksamana di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Selasa.

Ketua Umum KOI Erick Thohir, di lokasi yang sama menyambut positif kerjasama ini, yang menurutnya dapat memberikan manfaat kepada para atlet Indonesia dalam pesta olahraga terbesar Asia itu.

Erick mengatakan dana bantuan yang digelontorkan oleh perusahaan Indonesia itu sendiri, seluruhnya akan dialokasikan untuk mendukung konsep Tim Indonesia dari KOI sebagai komunikasi dua arah antara para atlet dengan masyarakat Indonesia, dalam perhelatan bertajuk Rumah Indonesia pada 16 Agustus hingga 2 September di kawasan Kuningan, Jakarta.

"Dengan perhelatan itu, harapannya tidak ada lagi cabang olahraga tertentu memiliki warna tertentu, semuanya harus Merah Putih, harus Indonesia ketika di turnamen internasional itu yang ditonjolkan. Selain itu, kami ingin memperkenalkan pahlawan-pahlawan baru Indonesia, jangan selalu atlet luar terus," kata Erick yang juga merupakan Ketua Pelaksana Asian Games (INASGOC) tersebut.

Erick menjelaskan, acara Rumah Indonesia tersebut akan dibuat oleh KOI seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang diisi berbagai kegiatan layaknya acara tahunan di Jakarta tersebut, namun di Rumah Indonesia itu, juga akan menjadi tempat berkumpul atlet-atlet Indonesia untuk bertemu dengan masyarakat luas.

"Dan mereka yang meraih medali, akan disambut oleh Kementerian, jadi kita pusatkan di sana. Kita pakai ini untuk promosi agar orang mengenal tim olahraga Indonesia," kata Erick.

Ketika ditanya apakah Rumah Indonesia ini akan diteruskan untuk kejuaraan internasional yang diikuti Indonesia lainnya, Erick mengindikasikan hal tersebut kemungkinan akan terjadi dengan sebuah kondisi.

"Tergantung, kalau ini sukses, bisa saja kita bikin Rumah Indonesia di Olimpiade 2020, bisa aja di SEA Games Filipina, kemungkinan berkelanjutan ada tergantung saat ini," ujar Erick menambahkan.

Dari informasi yang dihimpun, Grup April sendiri, juga manjadi sponsor acara Asian Games 2018. Walau pihak perusahaan tidak memberikan angka pasti, diyakini jumlahnya tidak kurang dari Rp25 miliar.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018