Galang, Sumut (ANTARA News) - Pemkab Deliserdang, Sumatera Utara menggelar pasar murah di 20 kecamatan selama empat hari sebagai upaya membantu masyarakat mendapatkan sembako murah dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 2018.

"Pasar murah digelar mulai Kamis hingga Minggu di 20 kecamatan, sedangkan dua Kecamatan lagi yaitu di Kecamatan Gunung Meriah dan Sibolangit akan digelar menjelang Natal dan Tahun Baru nanti," kata Plt Bupati Deliserdang Zainuddin Mars di Galang, Jumat.

Ia mengatakan, pelaksanaan pasar murah tersebut dapat menyajikan harga relatif lebih murah dibanding harga di pasaran umum, sehingga masyarakat hendaknya dapat manfaatkannya dengan baik.

Tetapi tentu dengan harapan bahwa dapat membeli komoditas di pasar murah itu secukupnya, tidak pula membeli untuk aktivitas perdangan pribadi yang akan dijual kembali.

"Jadi kita mari secara bersama-sama memberi kesempatan kepada saudara-saudara kita yang lain untuk membeli komuditas yang ada di pasar murah ini. Semua ini kita harapkan adalah dari kesyukuran kita di bulan Ramadhan ini, sekaligus menyambut Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi," katanya.

Kepada dinas terkait yang mengelola pasar murah tersebut juga diharapkan memperhatikan persediaan barang yang ada, jangan sampai sebelum empat hari seperti direncanakan, produk yang dijual dan dibutuhkan masyarakat sudah tidak ada lagi.

"Saya juga meminta kepada para camat serta kepala desa agar memberitahukan kepada masyarakat tentang keberadaan pasar murah ini. Sehingga masyarakat benar-benar mendapatkan produk murah namun berkualitas untuk menyambut Idul Fitri," katanya.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Deliserdang, Ramlan Refis, mengatakan, ada beberapa jenis kebutuhan pokok yang disubsidi di pasar murah ini seperti beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, syirup, cabai merah, bawang merah dan bawang putih.

"Disamping beberapa komoditas tersebut kita juga mengikutsertakan beberapa perusahaan berpartisipasi di pasar murah yang digelar serentak di 20 kecamatan itu untuk menjual produknya berdasarkan harga pabrik," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018