Ini perjalanan yang cukup panjang. Jadi harus dinikmati"
Tanjungpinang (ANTARA News) - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun memberi apresiasi kepada PT Pelindo I Tanjungpinang yang menyelenggarakan mudik gratis untuk warga perbatasan.

"Kegiatan ini membantu warga yang ingin pulang kampung ke Natuna dan Kepulauan Anambas," kata Gubernur Nurdin di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Selasa.

Gubernur juga memantau pelaksanaan Mudik Gratis Bareng Pelindo di Pelabuhan Sri Bintan Pura. Ia memasuki ruang tunggu penumpang hingga menelusuri satu persatu ruangan di Kapal Sabuk Nusantara 30 yang akan mengantarkan penumpang dari Tanjungpinang menuju sejumlah pulau di Natuna dan Kepulauan Anambas.

"Ini perjalanan yang cukup panjang. Jadi harus dinikmati," katanya.

Gubernur mengucapkan turut merasakan kebahagiaan bersama warga asal Kepulauan Anambas dan Natuna yang mendapat tiket gratis dari Pelindo. Warga yang bekerja dan kuliah di Tanjungpinang dapat pulang kampung di Anambas dan Natuna.

Baca juga: Pelindo siapkan mudik gratis untuk warga kurang mampu

Ia juga mengingatkan para penumpang untuk berhati-hati selama dalam perjalanan.

"Jaga kesehatan dan tetap berpuasa selagi mampu. Nikmati perjalanan pulang kampung ini dengan perbanyak ibadah," katanya.

Gubernur juga memuji pelayanan yang diberikan pihak pengelola pelabuhan kepada para penumpang. Selain itu, ia juga memuji kesiapan pihak kepolisian dan TNI AL menjaga pelabuhan.

"Ruang tunggu penumpang cukup nyaman," ucapnya.

General Manager PT Pelindo Tanjungpinang I Wayan Wirawan mengatakan mudik Gratis Bareng Pelindo mengelilingi pulau-pulau perbatasan di Kepulauan Anambas dan Natuna pasti menarik.

Baca juga: Pelindo IV benahi fasilitas hadapi musim mudik 2018

"Penumpang dapat menghabiskan waktu di dalam kapal sambil melihat keindahan laut dan pulau-pulau terdepan," ucapnya.

Wayan mengatakan tiket gratis diperoleh warga yang mendaftar pada 14 Mei-3 Juni 2018. Tahun ini tampak antusiasme warga memanfaatkan program Mudik Gratis Bareng Pelindo.

"Cepat habis tiketnya," katanya.

Rute Kapal Sabuk Nusantara 30 yakni Tanjungpinang-Kuala Maras-Tarempa-Midai-Pulau Tiga-Selat Lampa-Sdanau-Pulau Laut-Ranai-Subi-Serasan-Sintete dan Tambelan. Kapal ini berlayar selama 14 hari, kemudian kembali ke Tanjungpinang.

"Ke Anambas membutuhkan waktu dua hari, sedangkan ke Natuna tiga hari," ujarnya.

Jumlah penumpang dewasa di Kapal Sabuk Nusantara 30 sebanyak 420 orang, sedangkan anak-anak sekitar 50 orang.

"Ada 816 penumpang mendapat tiket gratis untuk pulang kampung pada mudik lebaran tahun ini. Ada yang berangkat dari Kijang, Bintan menuju Kepulauan Anambas dan Natuna, serta dari Tanjungpinang menuju Dumai, Riau," katanya.

Baca juga: Pelindo I siapkan 4.750 tiket mudik gratis

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018