Garut (ANTARA News) - Polres Garut menyampaikan kendaraan wisatawan maupun yang hendak pulang dari mudik dapat memanfaatkan jalur alternatif Kamojang yang menghubungkan Bandung dengan Garut untuk menghindari kemacetan di jalan nasional Tarogong-Leles-Kadungora, menuju Bandung.

"Pengguna jalan bisa gunakan jalur-jalur alternatif," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut AKP Erik Bangun Prakasa di Garut, Senin.

Ia menuturkan, jalur alternatif di Garut salah satunya jalur Kamojang dapat dilintasi kendaraan untuk menghindari kepadatan kendaraan saat musim arus balik.

Pengendara yang hendak menggunakan jalur alternatif Kamojang, kata Erik, terlebih dahulu memeriksa kondisi kendaraan karena melewati jalur yang berkelok, menanjak dan turunan tajam.

"Hati-hati, jangan kebut-kebutan, pastikan kondisi kendaraan prima," kata Erik.

Ia menyampaikan, arus balik Lebaran di Garut sudah mulai terjadi di jalur Kadungora-Leles maupun di jalur Malangbong-Limbangan.

Personel polisi, kata dia, sudah disiagakan di setiap jalur mudik, termasuk pengamanan di jalur alternatif dan objek wisata.

Kabupaten Garut memiliki jalur alternatif yang menghubungkan langsung ke Bandung yakni Jalur Kamojang dan jalur Cijapati.

Alternatif lain juga ada di jalur mudik di kawasan Malangbong yakni jalur Wado yang menghubungkan ke Sumedang.

Selain itu jalur alternatif di kawasan Garut yakni Cibatu, dan Leuwigoong, Banyuresmi.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018