Cibinong, Bogor (ANTARA News) - Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Jawa Barat, mengatakan, arus lalu-lintas pada Simpang Gadog terpantau ramai lancar pada H+5 Lebaran 1439 Hijriah.

"Itu sudah diberlakukan kembali dua jalur yang tafinya hanya satu jalur dari arah Cianjur ke Simpang Gadog," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama, di Cibinong, Rabu.

Menurut dia lonjakan kepadatan arus lalu-lintas sempat terjadi pada daerah Jalur Puncak-Cisarua hingga Megamendung. Dengan intensitas kecepatan 30 kilometer per jam.

Hal ini dikarenakan jalan turunan tajam pada tanjakan selarong dan banyaknya parkir liar di sana.

Selain itu, pemudik yang hendak kembali ke daerahnya untuk melanjutkan aktivitas kerja didominasi pada arah Jakarta, Cikarang (Kabupaten Bekasi), Purwakarta, dan Jawa Tengah.

Pemberlakuan sistem satu arah/buka-tutup jalan juga masih diberlakukan. "Tapi arus mudik maupun balik tahun ini, bisa dibilang terbagi menjadi dua bagian untuk arusnya. Itu ada yang melalui tol fungsional Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi), Jalur Puncak II (Jonggol), dan Jalur Puncak I (Simpang Gadog)," katanya.

Sementara itu, petugas humas Jasa Marga Cabang Jagorawi, mengatakan, pada ruas tol terpantau lancar pada dua sisinya.

Namun sempat terjadi kemacetan setelah keluar dari pintu tol Ciawi pada pukul 13.00 WIB. Itu dikarenakan sistem satu arah pada gerbang tol Gadok.

Pewarta: Mayolus Dwiyanto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018