Semarang (ANTARA News) - KPU Jawa Tengah meminta partai-partai politik yang akan mendaftarkan bakal calon legislatornya pada hari terakhir masa pendaftaran agar tidak datang pada menit-menit terakhir.

"Jangan datang terlalu mepet, nanti kalau ada syarat yang masih kurang malah kesulitan," kata Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo di Semarang, Selasa.

Menurut dia, KPU siap menerima pendaftaran 16 partai yang dipastikan dilakukan seluruhnya pada hari ini. "Kami siapkan petugas sebanyak mungkin," katanya.

Dalam verifikasi berkas pendaftaran, lanjut dia, KPU akan mengesampingkan aspek kebenarannya terlebih dahulu.

Ia menyebutkan ada dua syarat pendaftaran, yakni berkas pencalonan dari partai politik dan berkas pencalonan dari masing-masing calon.

"Misalnya, apakah keterwakilan 30 persen perempuan sudah terpenuhi kan menghitungnya cepat. Kalau masih ada syarat yang masih kurang, kami akan minta mereka membuat surat pernyataan untuk segera memenuhi nanti setelah pendaftaran ditutup," katanya.

Upaya-upaya itu dilakukan untuk mempercepat proses pendaftaran mengingat terdapat 16 partai yang akan datang. Pendaftaran akan ditutup sebelum pukul 00.00 WIB.

"Kalau sampai jam itu belum selesai, yang penting mereka sudah datang ke KPU dan mengisi daftar kehadiran," katanya.

Baca juga: KPU Batam kembalikan berkas pendaftaran PBB

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018