Jakarta (Antara News) -- Kalender kegiatan tahunan bernama Pameran Bisnis dan Pembangunan Indonesia (IBD Expo) kembali digelar empat badan usaha milik negara yang tergabung dalam "National Publishing & News Corporation" pada 3-6 Oktober 2018. .

Kali ini, Kota Surabaya ditetapkan panitia sebagai tuan rumah perlehatan akbar  yang diikuti lebih dari 100 badan usaha milik negara (BUMN) serta korporasi nasional dan multinasional ini, kata Wakil Ketua Panitia IBDExpo 2018, Satrijo Sigit Wirjawan di Jakarta, Rabu.

Pelaksanaan IBDExpo 2018 tersebut bertempat di Grand City, Surabaya, Jawa Timur. IBDExpo 2018  diselenggarakan oleh Perum  Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (LKBN ANTARA) bersama Balai Pustaka (BP), Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI),  -- tiga BUMN yang tergabung dalam NPNC -- ini mengambil tema "Tak Henti Membangun Negeri".

Pameran  yang tahun lalu digelar di area Jakarta Convention Center dan diikuti 101 BUMN dan 10 korporasi nasional dan multinasional itu dimaksudkan sebagai  sebagai gerbang informasi bisnis dan pembangunan Indonesia.

Perlehatan yang akan digelar di Exhibition & Convention Hall, Grand City, Surabaya, itu juga menjadi ajang pertemuan bergengsi para pelaku usaha BUMN, BUMD, perusahaan swasta nasional dan internasional, serta perwakilan lembaga pemerintah non-kementerian.
    
Pameran yang dibuka dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB ini pun menawarkan peluang-peluang bisnis terbaik, promosi dan pengenalan produk, serta sarana pertemuan para pelaku bisnis.

Tak hanya itu, para peserta pameran pun mendapatkan arahan langsung dari kepala pemerintahan dan pejabat negara mengenai kebijakan pemerintah terkait BUMN sehingga mereka diharapkan mengerti secara detil kebijakan pemerintah kepada BUMN.

Mereka pun dapat saling bertukar pengalaman dalam mengatasi permasalahan korporasi, serta urun rembug nasional eksekutif BUMN dari seluruh Indonesia.
 
Selama empat hari penyelenggaraan, perlehatan tahunan NPNC ini tidak hanya diisi dengan kegiatan utama seperti pameran, acara pembukaan, "CEO BUMN Talks", konferensi pers pimpinan BUMN, seminar, dan "business matching".
 
IBDExpo 2018 ini juga dimeriahkan dengan serangkaian program yang menarik, seperti "BUMN Career Opportunity", "Rekor Muri", "Festival Kopi Nusantara", Konser Musik Untuk Negeri , Acara Penutupan, Rumah Pangan Kita, Balkondes, Rumah Kreatif BUMN, dan RKB Award.

Selain belasan kegiatan utama, IBDExpo 2018 ini pun diisi dengan sejumlah kegiatan pendukung, seperti peluncuran produk, "Meet & Greet / Daily Stage", "Best Innovation Products", "Communication Media," "Visitor Icon", "Product & Property Sale", dan "BUMN Family Gathering".

Ada pula kompetisi vlogger, pengerahan mahasiswa, siswa dan santri, "site visit BUMN di Jawa Timur", "Lomba Stand Terbaik", "Cash Less Program", dan "Pojok Baca".

Terkait dengan rekor muri dan festival kopi Nusantara, dua kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh keinginan  Kementerian  BUMN agar brand (merek) nasional Indonesia, khususnya kedai kopi garapan perusahaan BUMN, bisa menyaingi perusahaan kedai kopi terbesar dunia Starbucks.

Saat ini banyak BUMN yang memiliki merek yang cukup dikenal, namun hampir semuanya berdiri sendiri-sendiri. Untuk itu, Panitia IBDExpo 2018 akan menyelenggarakan Festival Kopi Nusantara dan Rekor Muri Minum Kopi Terbanyak dengan mengundang BUMN terkait untuk berpartisipasi.

Para pengunjung pameran yang menyaksikan  festival kopi dan rekor Muri minum kopi terbanyak yang akan dilaksanakan Panitia Daerah ini berkesempatan untuk mencicipi aneka kopi Nusantara secara gratis.

Para pengunjung pameran pun akan dihibur artis nasional dan lokal serta konser musik untuk negeri yang diikuti oleh kelompok-kelompok kesenian dan band-band binaan BUMN.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2018