Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah topik menjadi pemberitaan terpopuler pada Jumat (20/7) antara lain Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir, hingga Presiden Joko Widodo menonton film "Kulari Ke Pantai" bersama anak-anak di Istana Negara.

Dirut PLN penuhi panggilan KPK

Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi suap kesepakatan kerja sama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-1.

"Diperiksa sebagai saksi ya," kata Sofyan saat tiba di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Jumat. Sofyan didampingi sejumlah stafnya.

Saat ditanya soal penunjukkan langsung proyek senilai 900 juta dolar AS itu, Sofyan tidak menjelaskannya kepada wartawan.

Presiden dan Ibu Negara nonton bareng "Kulari ke Pantai"

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo "nonton bareng" (nobar) film "Kulari Ke Pantai" bersama dengan anak-anak di Istana Negara, Jakarta, Jumat.

Acara "nobar" itu merupakan rangkaian acara "Bermain, Berdendang dan Berimajinasi Bersama Anak" yang dihadiri sekitar 200 anak dari berbagai sekolah.

Pemutaran film dimulai sekitar pukul 17.25 WIB di ruang tengah Istana Negara yang biasa digunakan untuk pelantikan para pejabat negara.

Polisi duga warga Kelapa Gading keracunan CO2 genset

Kepolisian Resor Metro Jakarta Utara menduga kebocoran gas karbon monoksida (CO) dari mesin pembangkit listrik (genset) di Clinic Chloe Kalena Laser & Skin Kelapa Gading Timur mengakibatkan sejumlah warga keracunan.
 
"Masih penyelidikan pihak kepolisian. Dugaan awal akibat gas beracun dari knalpot genset, " kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Polisi Reza Arief Dewanto di Jakarta Jumat tengah malam (20/7).
 
Ia mengatakan polisi menyita barang bukti berupa satu mesin genset dan selang dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP).

Tidak laku, Burberry bakar produknya senilai Rp537 M

Rumah mode mewah asal Inggris Burberry menghancurkan produk fashion dan kecantikan mereka senilai jutaan dolar Amerika selama setahun terakhir untuk melindungi mereknya.

Perusahaan itu membakar pakaian, aksesoris, dan parfum yang tidak terjual senilai 28,6 juta poundsterling (sekitar Rp537,3 miliar), menurut laporan tahunannya, dalam sebuah praktik yang sekarang banyak digunakan di seluruh industri tersebut untuk mencegah pemalsuan.

Para penjual produk-produk tersebut menyebutnya sebagai langkah untuk melindungi kekayaan intelektual dan mencegah produk itu dicuri atau dijual dengan harga diskon.

Tiga WNI ditangkap di Malaysia diduga terafiliasi ISIS

Tiga warga negara Indonesia (WNI) yang ditangkap kepolisian Malaysia (PDRM) diduga terafiliasi dengan negara Islam Irak Suriah (ISIS), kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Irjen Setyo Wasito.

"Penangkapan warga Indonesia di Malaysia ada tiga orang yang diduga terafiliasi dengan kelompok ISIS," ujar dia di Kompleks Senayan, Jakarta, Kamis.

Setyo Wasito mengatakan tiga orang WNI yang salah satunya berinisial UR (42) dan dua lainnya belum diketahui karena masih ditahan polisi Malaysia itu memasuki Malaysia melalui perbatasan.

Liverpool buat Alisson jadi kiper dengan bayaran rekor dunia

Klub Liga Utama Inggris Liverpool merekrut kiper Brazil, Alisson Becker asal klub AS Roma, Kamis waktu setempat (Jumat WIB) dengan bayaran yang memecahkan rekor baru untuk seorang penjaga gawang.

Menurut klub tersebut, Liverpool sudah mencapai kata sepakat dengan harga 84 juta dolar AS untuk mendapatkan kiper berusia 25 tahun itu, memecahkan rekor sebelumnya senilai 53 juta dolar AS milik kiper Juventus, Gianluigi Buffon.

"Saya benar-benar gembira, merupakan impian yang menjadi kenyataan untuk mengenakan kaus prestisius untuk klub seukuran ini, yang terbiasa untuk selalu menang," kata Allison.

Baca juga: Jakarta akan berawan sepanjang hari ini

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018