Batam (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klomatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam memperingatkan agar pengguna transportasi dan aktivitas kelautan berhati-hati di seluruh wilayah perairan Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu.

"`Warning`, untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan diimbau agar berhati-hati terhadap gelombang laut yang cukup tinggi di wilayah perairan Natuna serta arus laut yang kuat di seluruh wilayah perairan Kepri," kata Prakirawan Stasion Meteorologi Hang Nadim Batam, Pande Made Romy.

Ia mencatat, gelombang laut di Perairan Natuna bisa mencapai 1,2 meter, dan arus laut di seluruh perairan Kepri berkecepatan hingga 55 cm/detik.

Peringatan yang sama juga dikeluarkan BMKG pusat, yang memperkirakan ketinggian gelombang di Laut Natuna Utara pada Sabtu (21/7) relatif tinggi.

BMKG mengimbau masyarakat, terutama nelayan dengan perahu dan kapal-kapal ukuran kecil agar tidak memaksakan diri melaut serta tetap waspada dan siaga dalam melakukan aktivitas pelayaran.

Sementara untuk transportasi darat dan udara di Kepri, cuaca relatif kondusif.

Adanya daerah belokan angin (shearline) di wilayah Kepri menyebabkan penumpukan massa udara yang cukup mendukung pertumbuhan awan-awan.

"Secara umum kondisi cuaca esok hari diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang," kata Pande.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018