Meskipun ada yang mendapat catatan dari tim medis, tetapi secara umum dan keseluruhan memenuhi syarat dan sudah siap diterbangkan ke Arab Saudi,
Makassar (ANTARA News) - Jamaah Calon Haji (JCH) asal Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 20 UPG Makassar telah menjalani pemeriksaan kesehatan tahap akhir di Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir, yang juga merupakan ketua kloter 20 UPG, mengatakan, dari hasil pemeriksaan terakhir tersebut menunjukan bahwa seluruh JCH yang tergabung dalam kloter tersebut layak secara kesehatan untuk diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Meskipun ada yang mendapat catatan dari tim medis, tetapi secara umum dan keseluruhan memenuhi syarat dan sudah siap diterbangkan ke Arab Saudi," kata Abdul Kadir.

Baca juga: Laporan dari Mekkah - KKHI: Jamaah dirawat karena malas minum

Ia mengatakan, selama 24 jam berada di embarkasi sebelum diterbangkan ke Arab Saudi, jamaah telah melakukan pemeriksaan kesehatan dan rekam data biometrik jamaah.

Sebagai ketua Kloter 20 UPG, Abdul Kadir memiliki komitmen untuk selalu mendampingi jamaah calon haji Sultra pada umumnya, dan khususnya yang tergabung dalan kloter 20 UPG.

"Bagi saya menjadi petugas haji TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia) merupakan amanah, tugas mulia yang harus saya emban. Meski saya saat ini menjadi kepala Kanwil Kemenag Sultra tapi selama jadi TPHI ketua kloter semua jabatan yang saya sandang ditanggalkan semua. Saya akan wakafkan diri saya untuk kepentingan jamaah calon haji Sultra. Atribut sebagai ketua kloter akan saya laksanakan dengan baik demi kepuasan jamaah." katanya.

Menurut dia, menjadi petugas haji harus dibarengi dengan niat yang ikhlas, konsistensi niat tersebut harus terjaga, sehingga tugas melayani para jamaah terlaksana dengan baik.

Ia menyebutkan, total jamaah calon haji Sultra musim haji 2018 sebanyak 2.045 orang, sudah termasuk petugas haji dan TPHD Sultra, yang terbagi dalam lima kloter.

"Khusus kloter 20 UPG berjumlah 455 orang berasal dari Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Kepulauan, termasuk petugas haji dan TPHD Sultra. Kami akan diterbangkan menuju Arab Saudi pada Jumat (3/8) pukul 06.50 WITA," katanya.

Selain kakanwil Sultra, dalam rombongan JCH Sultra kloter 20 UPG tersebut terdapat Danrem 143 Haluoleo, Kolonel Dedi Nurhadiman dan Bupati Konawe Kepulauan, Amrullah. 

Pewarta: Suparman
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2018