Awalnya kami menargetkan kegiatan ini akan diikuti oleh 5.000 peserta, akan tetapi kenyataan pagi ini jauh di luar prediksi, barangkali terdapat 7.000 hingga 8.000 masyarakat yang ikut,
Sawahlunto, Sumbar (ANTARA News) - Ribuan masyarakat Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, antusias mengikuti jalan sehat dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI yang diadakan oleh PT Bukit Asam (PTBA) dan PT Bhanda Ghara Reksa (BGR).

General Manager PTBA Unit Pertambangan Ombilin, Nan Budiman, di Sawahlunto, Sabtu, mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam BUMN Hadir Untuk Negeri dari beberapa rangkaian kegiatan lain.

"Awalnya kami menargetkan kegiatan ini akan diikuti oleh 5.000 peserta, akan tetapi kenyataan pagi ini jauh di luar prediksi, barangkali terdapat 7.000 hingga 8.000 masyarakat yang ikut," katanya.

Ia menyebutkan, jalan sehat itu menempuh jarak sejauh lima kilometer dengan melewati beberapa titik di Kota Tambang tersebut.

Kegiatan tersebut terbuka untuk seluruh masyarakat dengan rute dari Lapangan Segitiga PTBA dilanjutkan ke Kampung Teleng, kemudian Kelok 16, DPRD, Gang HI dan kembali lagi ke Lapangan Segitiga PTBA.

Selain jalan sehat, dalam kegiatan tersebut juga digelar Lomba Senam Aerobik dan Lomba Mirip Pahlawan yang diperuntukkan bagi masyarakat umum, pelajar, pegawai BUMN, hingga pemerintah daerah Sawahlunto.

 Kuliner khas Sawahlunto juga akan dibagikan gratis kepada para peserta Jalan Sehat.

Salah seorang masyarakat, Andika (28) mengatakan Jalan Sehat bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan RI ke-73 sangat menarik karena diwarnai berbagai kegiatan.

"Kalau bisa kegiatan serupa dapat diselenggarakan setiap tahunnya, karena juga dapat memperkenalkan Sawahlunto kepada peserta yang datang dari luar kota," katanya. 

Baca juga: BUMN sisihkan 2 persen keuntungan untuk masyarakat
Baca juga: BHUN tanam pohon langka di Kebun Raya Balikpapan

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2018