Pesta rakyat jadi ajang promosi Indonesia di Oslo

Pesta rakyat jadi ajang promosi Indonesia di Oslo

Presiden Joko Widodo (kanan) menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan Duta Besar Indonesia untuk Norwegia Todung Mulya Lubis (kiri) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (20/2/2018). (ANTARA /Puspa Perwitasari)

Londo (ANTARA News) - Pesta Rakyat 2018 untuk menyemarakkan puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Oslo sekaligus menjadi ajang mempromosikan produk, pariwisata, seni budaya dan kuliner Indonesia yang di gelar di halaman Wisma Duta RI Oslo, akhir pekan.

Penampilan Kelompok Musik Los Gomos dari tanah air berhasil `pengobat rindu' bagi masyarakat Indonesia di Oslo dan sekitarnya, demikian Sekretaris Pertama Fungsi Ekonomi I/Plt. Fungsi Pensosbud

KBRI Oslo, R. Wisnu Lombar Dwinanto dalam keterangan kepada Antara London, Senin.

Bazaar yang terbuka untuk umum (open for public) tersebut sekaligus dimanfaatkan sebagai ajang promosi berbagai produk ekspor unggulan yang berhasil dipasarkan di Norwegia, seperti minuman kemasan (botol) Nu Greentea, Mie Instan dan Kecap/Sambal ABC, Bumbu Masak Kokita, aneka kerupuk dan bihun/mie pasta, serta VCO dan permen.

Hal ini semakin memacu favoritisme WNI yang hadir terhadap produk-produk RI berkualitas tinggi yang disajikan. Promosi tersebut juga berhasil menyedot perhatian Warga Norwegia dan turis yang berkunjung, antara lain ditandai dengan adanya beberapa quotation-request untuk penyediaan paket-paket produk Nu Greentea, Mie Instan dan Kecap/Sambal ABC, yang dinilai cukup praktis untuk digunakan sebagai konsumsi meeting/party/picnic.

DubesTodung Mulya Lubis di sela-sela pembukaan bazaar mengatakan "jika bukan dimulai oleh kita, siapa lagi yang akan mengembangkan kebanggaan dan cinta pada Indonesia".

"Promosi produk RI, seperti Mie Instan dan Kecap/Sambal ABC, yang mengandung Minyak Sawit dan sudah banyak beredar di Norwegia, tentunya dapat semakin mendukung upaya perluasan akses pasar produk sawit RI (dan produk turunannya) di pasaran internasional, sekaligus meningkatkan volume dan nilai ekspor RI, khususnya di Norwegia," ujar Dubes Mulya Lubis.

Kelezatan ragam kuliner khas Indonesia telah `menggoyang lidah pengunjung, sementara diseminasi informasi mengenai kekayaan destinasi wisata Indonesia mengundang minat besar calon-calon Wisman Norwegia yang hadir untuk dapat segera berkunjung ke Indonesia.

Disamping kegiatan promosi, pada ajang tersebut KBRI Oslo juga memfasilitasi pengumpulan bantuan bagi korban Gempa Lombok dan Bali yang dilaksanakan berbagai kelompok masyarakat Indonesia di Norwegia, dengan total donasi (per tanggal 19/8/2018) sebesar NOK 66,235, atau sekitar Rp. 114 juta, yang selanjutnya akan disalurkan organisasi kemasyarakatan tersebut kepada korban Gempa Lombok dan Bali.

Semarak rangkaian kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73 diikuti dengan antusias warga dan diaspora Indonesia di Oslo. Keseruan aneka lomba, seperti tarik tambang, balap karung, tenis meja,?dart, dan gaple, serta berbagai perlombaan anak-anak, juga joget dangdut dan peragaan busana nasional, semakin mempererat persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia di Norwegia.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih tanggal 17 Agustus 2018 di Wisma Duta RI Oslo telah dilaksanakan dengan khidmat, diikuti silaturahmi masyarakat Indonesia di Oslo.
Pewarta : Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018