Koba (ANTARA News) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar kegiatan pojok pengawasan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

"Kami menggandeng mahasiswa Fisip Universitas Bangka Belitung dan sasarannya adalah sejumlah supermarket dan beberapa tempat strategis di daerah ini," kata Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Muhamad Utoyo di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan, kegiatan itu diselenggarakan di lima titik yaitu Supermarket Giant Ekstra Kecamatan Pangkalanbaru, pertigaan Kecamatan Simpangkatis, pertigaan Kecamatan Namang, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pantai Terentang dan Tugu Ikan Kota Koba.

"Kegiatan digelar selama dua hari yaitu 15 dan 16 September 2018 sebagai realisasi jalinan kerja sama dengan pihak UBB," katanya.

Ia mengatakan, "output" dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pengawasan partisipatif pada penyelenggaraan Pemilu 2019.

"Apalagi pada 23 September 2018 sudah mulai tahapan kampanye sehingga kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan pemilu sangat diharapkan," katanya.

Sementara ndosen pembimbing Nurvita mengatakan, pihaknya melibatkan 24 mahasiswa Fisip UBB yang diturunkan di lima titik pengawasan tersebut.

"Untuk teknis penempatan kami serahkan kepada Bawaslu Bangka Tengah, yang terpenting kami siap untuk menyukseskan program pojok pengawasan ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan pojok pengawasan ini para mahasiswa bertatap muka langsung dengan warga dan menyosialisasikan Pemilu 2019.

"Warga akan diajak sama-sama mengawal, mengawasi dan berpartisipasi aktif dalam menyukseskan pesta demokrasi 2019," katanya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018