Pangkalan Bun, 10/10 (ANTARA News) - Bupati Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, Nurhidayah mengklaim bahwa kabupaten setempat terbaik kedua yang dikunjungi para peserta Wonderful Sail To Indonesia Rally 2018.

"Terbaik kedua setelah Bali tersebut merupakan hasil testimoni dari sejumlah peserta yang telah melihat dan merasakan langsung bagaimana objek wisata serta kebudayaan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar)," kata Hj Nurhidayah di Pangkalan Bun, Rabu.

Menurut Nurhidayah, testimoni itu langsung disampaikan kedirinya. Berbagai atraksi seni budaya dan keragaman habitat yang hidup di hutan tropis Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) di Kobar ini pun membuat mereka berkeinginan untuk kembali lagi.

Orang nomor satu di kabupaten Kobar itu pun merasa bangga, wilayah yang dipimpinnya menjadi salah satu persinggahan peserta wonderful Sail To Indonesia Rally 2018. Sebab, para peserta yang biasa dikenal dengan Yachter tersebut berasal dari berbagai negara.

"Apalagi singgahnya para Yachter dari 41 negara tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Kobar ke-59," katanya.

Kedepannya, tambah dia Pemkab Kobar akan menggelar kegiatan wisata berbasis budaya, baik skala nasional maupun internasional.

Pemkab Kobar dalam menyambut peserta Wonderful Sail To Indonesia Rally 2018 tersebut menyuguhkan berbagai potensi unggulan yang, dimulai dari penyambutan secara adat melalui tradisi Potong Pantan.

Selain itu tarian-tarian budaya Dayak dan Melayu, atraksi permainan tradisional, gala dinner, pagelaran seni budaya di halaman Istana Kuning, serta mengunjungi kampung pelangi sekaligus menyusur Sungai Arut serta ke Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

"Potensi yang luar biasa ini dengan menampilkan kearifan budaya lokal maka kita siap untuk menjadi tuan rumah di even internasional khususnya Sail To Kumai 2020," demikian Nurhidayah.

(KR-JWM).

(T.KR-JWM/B/K009/C/K009) 10-10-2018 15:39:19

Pewarta: Jaya Wirawana Manurung
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018