Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menyebut Singapura sebagai salah satu negara pertama yang menawarkan bantuan ketika Lombok, Palu, dan Donggala mengalami bencana gempa bumi dan tsunami.

"Atas nama rakyat dan pemerintah Indonesia, saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas ucapan dukacita, simpati, dan solidaritas yang diberikan oleh Singapura," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pernyataan pers bersama di Hotel The Laguna Resort & Spa Nusa Dua, Badung, Provinsi Bali, pada Kamis.

Presiden Jokowi merasa sangat perlu mengapresiasi hal itu mengingat Singapura merupakan salah satu negara yang paling tanggap terhadap Indonesia sesaat setelah bencana melanda.
Dalam pertemuan itu, Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong mengucapkan rasa belasungkawa dan simpatinya secara langsung kepada Presiden Joko Widodo atas musibah gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu.

PM Lee juga menegaskan bahwa Singapura bersama dengan Indonesia di tengah masa sulit ini.

"Singapura berdiri bersama Indonesia selama masa sulit ini," tuturnya.

Singapura sendiri mengerahkan dua pesawat militernya untuk membantu mengantarkan suplai kemanusiaan dan berbagai perlengkapan lain yang dibutuhkan. 

Dua pesawat militer Singapura itu juga membantu Indonesia dalam upaya pemulihan pascabencana, termasuk dalam upaya evakuasi korban dari area-area terdampak.

"Banyak organisasi dan LSM Singapura aktif melakukan penggalangan dana untuk mendukung upaya bantuan. Kami yakin bahwa daerah dan populasi yang terdampak akan segera pulih di bawah kepemimpinan Presiden," ucap PM Lee.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menggelar pertemuan Indonesia-Singapura Leader's Retreat pada 11 Oktober 2018 di Bali. Keduanya membahas dan menindaklanjuti kerja sama yang telah dan akan dilakukan kedua negara.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018