Telah menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kalsel, untuk segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait, untuk memperbaiki kondisi jalan angkutan barang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.
Banjarmasin (ANTARA News) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor berharap kerusakan jalan di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin segera diperbaiki untuk memudahkan arus lalu lintas angkutan barang di daerah tersebut..

Menurut Gubernur di Banjarmasin Senin, ia telah menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kalsel, untuk segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait, untuk memperbaiki kondisi jalan angkutan barang di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Kalau memang sesuai ketentuan peraturan serta kewenangan Pemprov untuk membantu, tambah dia, maka instansi terkait, diminta untuk melakukan perbaikan.

"Tapi pembangunan tersebut, tetap harus mengacu peraturan perundang- undangan yang berlaku," katanya.

Menurut dia, sektor publik terlebih sarana yang menjadi jantung ekonomi rakyat, seperti pelabuhan, harus mendapat perhatian serius.

Sebab, pelabuhan salah satu gerbang perekonomian rakyat yang sangat strategis untuk memperlancar arus barang dan jasa.

Sebelumnya, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengadakan kunjungan ke Pelabuhan Trisakti dengan mengelilingi seluruh fasilitas pelabuhan.

Dalam kunjungan tersebut, gubernur menyempatkan berdialog dengan para pekerja pelabuhan dan Unit Organisasi Angkutan Darat Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Pada kunjungan tersebut, gubernur juga melakukan dialog santai dengan pekerja, sekaligus makan bersama dengan pengurus Organda.

Ketua Dewan Pimpinan Unit Organisasi Angkutan Darat (DPU Organda) Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Suhainoor mengapresiasi dan berterima kasih atas kunjungan gubernur untuk melihat kondisi jalan di kawasan pelabuhan.

Beberapa aspirasi yang disampaikan, di antaranya permohonan untuk adanya perbaikan jalan di sekitaran Pelabuhan Trisakti yang rusak.

Tidak hanya itu, Suhainoor juga menyampaikan pentingnya kelancaran Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar.

Sebelumnya, gubernur meninjau langsung kondisi badan jalan kawasan pelabuhan yang cukup memprihatinkan.

"Saya tadi usai melepas kapal pengangkut bantuan masyarakat untuk korban gempa di Sulteng, dengan mobil berkeliling di areal pelabuhan. Terlihat sejumlah ruas jalan dalam kondisi memprihatinkan," katanya.

Baca juga: Gubernur Kalsel ajak teruskan perjuangan Angkatan 66
 

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2018