CIMB adalah satu jajaran bank pertama yang memanfaatkan teknologi blockchain untuk masuk ke dalam lini bisnis pengiriman uang senilai 120 miliar dolar AS

SAN FRANCISCO (Antara/BUSINESS WIRE) -- CIMB Group (CIMB) dan Ripple telah meresmikan kerjasama strategis untuk mengembangkan solusi pembayaran lintas batas instan di berbagai negara. Melalui kemitraan ini, CIMB akan bergabung ke dalam jaringan Ripple (RippleNet), yang akan memfasilitasi akses terhadap para anggota RippleNet dan memungkinkan CIMB untuk mengembangkan bisnis pembayaran lintas batas.

Untuk melihat siaran pers multimedia, silakan klik: https://www.businesswire.com/news/home/20181114006003/en/

Solusi blockchain Ripple telah diimplementasi untuk meningkatkan Speedsend, solusi pengiriman uang milik CIMB. Teknologi ini akan memperluas jaringan Speedsend CIMB dan membuka banyak koridor pembayaran baru guna meningkatkan akses nasabah dalam menggunakan layanan pengiriman uang lintas batas, baik ke negara-negara di ASEAN maupun ke luar ASEAN. Solusi ini telah resmi terintegrasi dengan Speedsend, sehingga memungkinkan nasabah melakukan pengiriman uang ke sejumlah koridor seperti Australia (melalui kemitraan dengan InstaReM, yang juga merupakan anggota dari RippleNet), AS, Inggris, dan Hong Kong.

"Kami sangat senang dapat menjadi bagian dari RippleNet dan sudah tidak sabar untuk mengeksekusi kemitraan dengan Ripple dengan memanfaatkan keunggulan satu sama lain. Solusi blockchain yang inovatif ini akan merevolusionerkan layanan pengiriman uang lintas batas, dan merupakan bukti dari upaya CIMB untuk meningkatkan pengalaman perbankan digital dengan menyediakan beragam solusi yang cepat dan hemat biaya kepada para nasabah kami di seluruh ASEAN," ujar CEO CIMB Group Tengku Dato’ Sri Zafrul Aziz.

Sebagai bagian dari peta kemitraan keseluruhan, CIMB berencana untuk memperluas solusi ini untuk dapat diintegrasikan di berbagai seluruh siklus kerja Group ini. Permintaan pasar akan solusi pembayaran lintas batas sangat tinggi, oleh karena itu, World Bank memproyeksikan valuasi layanan pengiriman uang ke Asia Tenggara akan tumbuh sampai 120 miliar dolar AS hingga akhir 2018.

"Kami melihat bank dan lembaga keuangan di seluruh dunia mulai membutuhkan solusi blockchain karena memungkinkan terwujudnya pengalaman pembayaran yang lebih transparan, lebih cepat, dan lebih hemat biaya," ujar CEO Ripple Brad Garlinghouse. "Jaringan CIMB telah menjangkau 15 negara, hampir 800 kantor cabang, dan menawarkan Speedsend - salah satu solusi terbaik di ASEAN. Kini, dengan mengintegrasikan teknologi blockchain, mereka akan memungkinkan nasabah mereka untuk mengirimkan uang ke keluarga, rekan, dan orang-orang tercinta mereka dengan lebih mudah. Berfokus pada inovasi, CIMB akan terus menjadi yang terdepan di kawasan ini untuk seterusnya."

Tentang Ripple

Ripple menyediakan pengalaman mengirim uang yang sangat mudah ke seluruh dunia dengan memanfaatkan teknologi blockchain. Dengan menjadi salah satu anggota global Ripple, lembaga keuangan dapat memproses pembayaran nasabah mereka dimanapun di seluruh dunia secara instan, secara handal, dan hemat biaya. Bank dan penyedia layanan pembayaran dapat menggunakan aset digital, XRP, untuk semakin memangkas anggaran dan mengakses pasar baru. Dengan kantor pusat yang tersebar di San Fransisco, New York, London, Luxembourg, Mumbai, Singapura, dan Sydney, Ripple melayani lebih dari 11 konsumen di seluruh dunia.

Tentang CIMB Group

CIMB Group adalah salah satu grup perbankan terbesar di ASEAN dan merupakan lembaga keuangan terbesar kedua di Malaysia dalam hal aset. Grup ini menawarkan layanan perbankan nasabah, perbankan komersial, perbankan investasi, perbankan syariah, dan manajemen aset. Berkantor pusat di Kuala Lumpur, Grup ini kini hadir di sembilan dari 10 negara ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Brunei, Vietnam, Myanmar, dan Laos). Di luar ASEAN, Grup ini beroperasi di Tiongkok, Hong Kong, India, Sri Lanka, Korea Selatan, AS, dan Inggris.

CIMB Group memiliki jaringan kantor cabang paling banyak di ASEAN sebanyak sekitar 800 kantor cabang per 30 September 2018. Lengan perbankan investasi Grup ini merupakan salah satu bank investasi terbesar di Asia Pasifik, yang menawarkan cakupan riset paling komprehensif di sekitar 700 saham di Asia Pasifik.

CIMB Group mengoperasikan bisnisnya melalui tiga entitas brand utama, CIMB Bank, CIMB Investment Bank, dan CIMB Islamic. CIMB Group juga merupakan pemilik 92,5 persen saham Bank CIMB Niaga di Indonesia, dan 94,1 persen saham CIMB Thai di Thailand.

CIMB Group terdaftar di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Grup ini memiliki kapitalisasi pasar sekitar 56,3 miliar ringgit (sekitar Rp198 triliun) per 30 September 2018. Grup ini mempekerjakan sekitar 36.000 karyawan di 15 negara.

Lihat versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20181114006003/en/

Kontak

Ripple
Tom Channick
press@ripple.com
atau
CIMB Group
Suria Zainal
suriawati.zainal@cimb.com

Sumber: Ripple

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2018