Solo, Jawa Tengah (ANTARA News) - Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita optimistis angka kemiskinan di Indonesia bisa turun menjadi di bawah 9,5 persen pada penghujung 2019.

"Angka kemiskinan dari hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) hingga April 2018 sekitar 9,8 persen, dan saya optimistis di pengujung 2019 akan di bawah 9,5 persen," kata Agus usai memimpin forum Rapat Evaluasi Reformasi Birokrasi Kementerian Sosial 2018 di Hotel Sunan Solo, Rabu.

"Akan tercapai asal semua kementerian melaksanakan programnya dengan baik," ia menambahkan.

Pemerintah, ia mengatakan, terus berupaya menurunkan jumlah penduduk miskin dan penduduk yang rentan menghadapi masalah kesejahteraan.

Selain itu, ia melanjutkan, Kementerian Sosial, berupaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di bidang kesejahteraan sosial.

"Bagaimana kami bisa menciptakan sistem manajemen penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang profesional," katanya.

Menteri Sosial juga mengingatkan petugas satuan kerja di bawah kementeriannya bahwa reformasi birokrasi ditujukan untuk mewujudkan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang efisien dan efektif dalam upaya memberikan pelayanan kepada publik secara cepat, tepat, profesional dan transparan.

Baca juga: Jokowi: Angka kemiskinan desa menurun dua kali lipat
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018