Badung (ANTARA News) - Tim asal Korea Selata, Busan FC bakal menjadi tantangan kedua bagi Timnas Pelajar U-15 Indonesia pada turnamen Bali International Football Championship (IFC) 2018 di Pecatu, Badung, Bali, Selasa (4/12) setelah sebelumnya meraih kemenangan.

Pada pertandingan pertama turnamen yang didukung penuh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Stadion Beji Mandala, Badung, Senin, Andrian Rusdianto dan kawan-kawan ini menang telak 8-1 atas wakil Filipina, Apuesto Bueno United FC.

Baca juga: Timnas Pelajar lolos rintangan pertama di Bali IFC

Pelatih Timnas Pelajar Firman Utina mengatakan pertandingan melawan Busan FC bakal menjadi ujian bagi anak asuhnya karena diprediksi bakal memberikan perlawanan yang ketat. Apalagi pemain Korea Selatan dinilai memiliki kemampuan di atas sebelumnya.

"Kami memang belum begitu mengenal karakter permainan mereka (Busan FC). Tapi kami meminta pada anak-anak untuk meningkatkan kerja sama. Harapan kami kekuatan sama agar kita bisa belajar dari mereka," kata Firman Utina.

Timnas Pelajar merupakan gabungan pemain terbaik dari turnamen Piala Menpora U-14. Meski berkumpul belum lama, kekompakan tim memang sudah terlihat. Kerja sama tim sudah berjalan saat menghapi tim asal Filipina. Namun untuk mental harus tetap diasah karena menurun saat sudah unggul.

Kemenangan Timnas Pelajar ternyata menginspirasi tim asal Indonesia lainnya yaitu Bali All Stars dengan mengalahkan wakil Singapura, Sporting CF SA dengan skor 2-0. Gol kemenangan tersebut dicetak oleh I Putu Tegas Agestia Nugraha dan I Ketut Ukir Candra Wijaka.

Baca juga: Bara FC tak ingin kecewakan publik Bali

Sementara itu satu tim Indonesia lainnya yaitu Bara FC akan menjalani pertandingan pertama melawan wakil Thailand, Cruzeiro Academy Asia yang dipertandingan pertama mampu mengalahkan wakil Jepang, Progresso Sano FC dengan skor 2-0. Bisa dipastikan anak asuh Bambang Warsito ini bakal menghadapi lawan berat.

Meski demikian, tim gabungan antara pemain muda asal Badung dengan PPLP dan SKO Ragunan dinilai sudah siap untuk menghadapi pertandingan tersebut. Kemenangan memang menjadi target utama tim Bara FC.

"Memang atas wakil Thailand akan menentukan langkah kita untuk pertandingan berikutnya. Intinya tim sudah siap," kata manajer tim Bara FC, Hara Laguna saat dikonfirmasi.

Bali International Football Championship (IFC) 2018 diikuti 12 tim dari sembilan negara. Untuk tim asingnya adalah Jepang (Progresso Sano FC), Cina (Hubei FA), Australia (Western Football), Korea Selatan (Busan Football Academy dan Gyeongnam Changnyeong SC), Filipina (Apuesto Bueno United FC), Thailand (Cruzeiro Academy Asia), Malaysia (Felda United FC) dan Singapura (Sporting CF SA).

Baca juga: Bali IFC U-15 ujian bagi calon pemain timnas

Baca juga: Timnas Pelajar U-15 ditarget tampil dominan di Bali IFC 2018

 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018