Serang (ANTARA News) - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengajak semua pihak di Banten termasuk jajaran TNI di bawah komando Korem 064/Maulana Yusuf (MY) untuk ikut membantu menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019.

"Saya menyampaikan kepada seluruh jajaran TNI di wilayah teritorial Korem 064/MY agar senantiasa dapat membantu para penyelenggara Pemilu 2019," kata Andika saat menghadiri upacara serah terima jabatan Komandan Korem 064/MY dari Kol. Czi Budi Hariswanto kepada Kol Inf. Windiyatno di Markas Korem 064/MY di Kota Serang, Senin.

Adapun bantuan dimaksud, kata Andika, seperti bantuan pengamanan kelancaran logistik pemilu sampai pada pengamanan kelancaran proses pemungutan dan perhitungan suara yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019.

Selain itu, katanya, juga berbagai macam bantuan khususnya pemeliharaan stabilitas keamanan wilayah menjelang pemilu tahun 2019.

Menjelang penyelenggaraan Pemilu 2019, kata dia, tersimpan harapan yang besar agar TNI bersama-sama pemerintah daerah, Polri, KPU, Bawaslu, tokoh masyarakat dan alim ulama untuk secara terus menerus mensinergikan pandangan dan langkah demi terselenggaranya Pemilu 2019 yang tertib, aman, lancar, demokratis dan berkualitas.

Hal itu bisa dilakukan semua pihak, baik sebagai aparatur pemerintah daerah, penyelenggara pemilihan umum, aparat keamanan dan penegak hukum maupun sebagai masyarakat.

"Semua bisa dilakukan dengan menjunjung tinggi asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sesuai ketentuan perundang-undangan dan mekanisme yang berlaku," katanya.

Andika mengingatkan, sejalan dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mengamanatkan bahwa gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, memiliki tugas melaksanakan urusan pemerintahan, yaitu koordinasi penyelenggaraan pemerintahan antara pemerintah daerah provinsi dengan instansi vertikal, dan antar instansi vertikal di wilayah provinsi.

Terkait hal itu, Andika mengajak seluruh aparatur pemerintahan, baik pemerintah daerah, DPRD, unsur TNI dan Polri maupun lembaga yudikatif untuk bersama-sama membangun komitmen yang kuat dan saling mendukung terhadap setiap program dan kebijakan pemerintah serta menjalin koordinasi yang baik dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta stabilitas keamanan di Provinsi Banten.

Andika atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi Banten mengucapkan terima kasih kepada Danrem 064 Maulana Yusuf yang lama atas dedikasi, komunikasi, koordinasinya selama bertugas.

"Dalam pelaksanaan tugas sebagai Danrem Maulana Yusuf tugas pak Budi Hariswanto dalam menjaga kondusifitas keamanan di Provinsi Banten sudah berjalan dengan baik. Sementara untuk Danrem baru, saya ucapkan selamat datang dan selamat bertugas," katanya.

Wagub berharap ke depan dapat bersinergi, menguatkan konsolidasi, dan komunikasi untuk menjaga proses pembangunan yang ada di Provinsi Banten.

Kol Inf Windiyatno resmi menggantikan Kol CZI. Budi Hariswanto sebagai Komandan Korem 064/MY Yusuf. Budi Hariswanto selanjutnya menjabat sebagai Pabandua Dispenad, sementara Windiyatno sebelumnya menjabat sebagai Danrimdam IX/Udayana.

Baca juga: Jokowi bagi kunci sukses agar dipilih rakyat

Baca juga: KPU Mahulu gandeng banyak pihak sukseskan pemilu


 

Pewarta: Mulyana
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018