Pemkab Biak alokasikan Rp3 miliar bantuan hibah PTS

Pemkab Biak  alokasikan Rp3 miliar bantuan hibah PTS

Persiapan ujian seleksi program afirmasi pendidikan tinggi (Adik) diikuti lebih dari seratus siswa/siswi asli putra daerah Papua untuk berkuliah di 39 perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia. (ANTARA FOTO/Muhsidin)

Biak (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, mengalokasikan Rp3 miliar untuk bantuan hibah operasional pendidikan perguruan tinggi swasta (PTS) di tahun anggaran 2019.

"Pemkab Biak Numfor berharap bantuan hibah untuk PTS dapat menunjang kelancaran proses pendidikan tinggi untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia," ujar Pelaksana tugas Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap ketika dihubungi di Biak, Jumat.  

Ia mengatakan beberapa PTS yang beroperasi di Biak masih eksis hingga kini.

Operasional PTS tersebut patut didukung mengingat program pendidikan menjadi salah satu kebijakan strategis prioritas Pemkab Biak Numfor di tahun anggaran 2019.

Bupati Biak Numfor terpilih hasil pilkada 2018 itu berharap keberadaan PTS yang telah menghasilkan lulusan ahli madya diploma III dan sarjana (strata 1) di berbagai disiplin ilmu itu, akan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Biak Numfor.

"Penyaluran bantuan hibah akan dilakukan pemerintah kabupaten Biak Numfor sesuai dengan aturan yang berlaku," ujarnya.

Menyinggung program bantuan pendidikan untuk mahasiswa Biak, Herry Naap mengatakan kebijakan itu tetap diprogramkan Pemkab Biak Numfor terutama untuk membantu mahasiswa Biak yang akan merampungkan studi di perguruan tinggi.

"Mekanisme penyaluran bantuan studi akhir khusus mahasiswa Biak akan ditetapkan dengan peraturan bupati," ujarnya.

Berdasarkan data, perguruan tinggi swasta yang beroperasi di Biak di antaranya Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH), IISIP Yapis, Akademi Perikanan Kamasan Biak, Akademi Teknik Biak, Akademi Pariwisata, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP), Akademi Kebidanan, Akademi Keperawatan serta Sekolah Tinggi Pendidikan Kristen Oikumene.

Baca juga: Tommy Soeharto berniat mendirikan Universitas Antariksa di Biak
Baca juga: Sekitar 1.200 siswa Biak peringati Hari Pendidikan Nasional
Pewarta : Muhsidin
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018