Indonesia Science Day 2019 dorong pemberdayaan iptek sejak usia dini

Indonesia Science Day 2019 dorong pemberdayaan iptek sejak usia dini

Direktur Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP Iptek) Kemenristekdikti, Syachrial Anas. (ANTARA/ASJ)

Jakarta (ANTARA) - Indonesia Science Day (ISD) 2019 menjadi salah satu sarana untuk mendorong pemberdayaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) sejak usia dini.

"Melalui Indonesia Science Day, kita memberdayakan iptek sejak usia dini. Kita kemas dengan menarik sehingga mereka (pengunjung terutama anak-anak) datang," kata Direktur Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan Teknologi (PP-Iptek) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristedikti) Mochammad Syachrial Annas di Jakarta, Jumat.

Indonesia Science Day 2019 diadakan pada 25-28 April 2019 di Gedung PP-Iptek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Syachrial menuturkan pameran iptek tersebut berorientasi untuk membuat  generasi muda tertarik dengan sains dan teknologi.

Indonesia Science Day 2019 bertemakan Mendorong Terciptanya Sumber Daya Iptek Memasuki Era Industri 4.0 dan memamerkan produk-produk inovasi hasil karya anak bangsa Indonesia.

Dia berharap dengan menyaksikan Indonesia Science Day, maka tumbuh kecintaan terhadap iptek dan memberikan inspirasi bagi anak-anak muda bangsa Indonesia untuk mendalami dan memajukan iptek di Tanah Air.

Pameran iptek tersebut menampilkan karya anak bangsa di berbagai bidang antara lain sektor pertahanan, pangan dan digital.

Dalam rangkaian kegiatan ISD 2019, PP-Iptek juga menjalin kerja sama dengan berbagai Instansi dan perguruan tinggi dalam mengadakan lokakarya, talkshow, dan lomba.

Ada juga berbagai kegiatan interaktif iptek di antaranya pertunjukan iptek, sanggar kerja sains, demonstrasi roket air, peneropongan matahari, hidroponik yang merupakan program sains reguler PP-Iptek, dapat disaksikan dan dipraktikkan langsung oleh pengunjung selama kegiatan ISD 2019 berlangsung.

 
Baca juga: Menristekdikti resmikan dua wahana peraga iptek baru
Baca juga: PP-IPTEK TMII resmikan wahana robotik
Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019