Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) harus memiliki wawasan Nusantara.

"Birokrasi zaman sekarang telah direformasi oleh kabinet kerja. Sehingga, CPNS yang ramping, lincah, dan memiliki talenta di sebuah lini sangat diperlukan," ujar Mendikbud di Jakarta, Senin.

Pada kesempatan yang sama, Mendikbud membuka kegiatan Latihan Dasar CPNS Kemendikbud tahun 2019. Pembukaan latihan dasar CPNS 2019 dilakukan serentak di seluruh satuan kerja Kemendikbud, termasuk di daerah.

Menteri Muhadjir juga meminta CPNS untuk selalu belajar dengan meningkatkan kemampuan bahasa dan teknologi. "Tingkat kemampuan bahasa dan teknologi harus dimiliki. Jangan berpuas diri, dan berhenti karena sudah jadi PNS," tambah dia.

Mendikbud berpesan agar para CPNS memiliki wawasan Nusantara untuk bertugas sebagai abdi negara. Semua CPNS harus memiliki wawasan nusantara, harus menghafal provinsi dan ibu kota, kabupaten dan kota. Dia juga meminta CPNS menguasai peta Indonesia karena penyelesaian masalah pendidikan di Indonesia tidak bisa berlangsung secara parsial, harus memiliki wawasan Nusantara.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi menjelaskan pemagangan bagi CPNS berlangsung sebagai inovasi latihan dasar.

"Para CPNS ini akan melakukan pemagangan di wilayah tempat bekerja agar tahu urusan yang dilakukan Kemendikbud," kata Didik.*


Baca juga: Seleksi guru honorer dibuka setelah seleksi CPNS

Baca juga: Mendikbud minta guru honorer tingkatkan kualitas


 

Pewarta: Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019