Sistem ‘ticketing’ harus diperbaiki karena memang seyogyanya ada suatu proses yang mengarahkan penumpang menggunakan online...
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta sosialisasi penjualan tiket bus daring dioptimalkan lantaran masih banyak calon penumpang bus yang mengantre panjang untuk membeli tiket di loket PO Bus yang ada di terminal, salah satunya Terminal Pulogebang.

"Sistem ‘ticketing’ harus diperbaiki karena memang seyogyanya ada suatu proses yang mengarahkan penumpang menggunakan online. Tadi ada PO tertentu yang antreannya panjang di sini, padahal harusnya bisa dilakukan secara online baik dari rumah atau di manapun dengan menggunakan gadget, jadi saya rasa ini belum optimal. Sosialisasi tiket secara online perlu ditingkatkan," ujar Budi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Menhub mengatakan pembelian tiket secara daring selain dianggap aman, juga dapat memudahkan pemudik untuk melakukan pembelian tiket tanpa perlu mengantre panjang dan bisa melakukan perencanaan dari jauh-jauh hari.

Dalam rangka memantau kelancaran arus Mudik Lebaran 2019, Menhub melakukan peninjauan ke Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Menhub berinteraksi dengan penumpang yang akan pulang kampung ke daerah masing-masing, meninjau loket tiket serta pos kesehatan yang digunakan untuk tes kesehatan para pengemudi bis.

"Saya sengaja ke Pulo Gebang, kami ingin menjadikan bus sebagai andalan transportasi darat. Bus adalah angkutan massal karena bisa mengurangi penggunaan mobil pribadi dan point to point. Beberapa masyarakat berkecenderungan menggunakan bus. Kami akan mengkampanyekan agar bus makin digemari," katanya.

Sebagai informasi, pada 1 Juni 2019 (H-4), jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Pulo Gebang mencapai 10.205 penumpang yang diberangkatkan dengan 306 bus.

Dalam kunjungannya, Menteri Perhubungan didampingi oleh Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono serta Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Umiyatun Hayati, serta Pengamat Transportasi Ellen Tangkudung.

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019