gempa tidak menimbulkan tsunami
Nias (ANTARA) - Gempa berkekuatan 6,0 skala Richter  yang mengguncang Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Senin membuat warga di daerah itu  panik dan berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri.

Guncangan gempa yang berpusat di 30 km barat daya Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara itu juga terasa hingga Kota Gunungsitoli, Sumut.

Akibat gempa yang cukup kuat, sejumlah pedagang dan pembeli di beberapa toko yang ada di Kota Gunungsitoli juga panik dan berhamburan keluar karena takut bangunan toko rubuh.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gunungsitoli Djati Cipto Kuncoro melalui pesan singkat meminta warga agar tidak panik.

Warga diminta menerapkan langkah-langkah yang pernah dipelajari sebelum terjadi atau setelah terjadi gempa.

BMKG  menyebut gempa berkekuatan 6,0 SR yang mengguncang Nias terjadi pukul 12.57.09 WIB itu  tidak menimbulkan tsunami.

Pusat gempa berada di kedalaman 19 Km, 30 km barat daya Nias Selatan, 77 km Tenggara Nias Barat dan 89 km Tenggara Nias, Sumatera Utara.

"Usai gempa pertama, kembali terjadi gempa susulan berkekuatan 5,5 skala Richter pukul 13.04,35 WIB," terangnya.

Gempa susulan terjadi di kedalaman 22 km di 40 km barat daya Nias Selatan, 79 km tenggara Bias Barat dan 95 km barat daya Kabupaten Nias, Sumatera Utara.


Baca juga: Gempa bumi magnitudo 6 guncang Nias

 

Pewarta: Juraidi dan Irwanto
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019