Nasi Pecel Madiun harus membumi. Artinya dikenal oleh masyarakat luas. Tidak hanya di Madiun tapi juga luar Madiun. Kegiatan hari ini merupakan salah satu cara mewujudkannya
Madiun (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun menggelar Festival Pecel Pincuk dalam rangkaian perayaan hari jadinya ke-101 guna mempromosikan kuliner khas daerah setempat sebagai ikon Madiun "Kota Pecel".

Festival yang digelar di alun-alun kota tersebut membagikan lebih dari 12.000 nasi pecel yang dikemas dalam pincuk daun pisang bagi masyarakat yang hadir.

"Nasi Pecel Madiun harus membumi. Artinya dikenal oleh masyarakat luas. Tidak hanya di Madiun tapi juga luar Madiun. Kegiatan hari ini merupakan salah satu cara mewujudkannya," kata Wali Kota Madiun Maidi di sela kegiatan Festival Pecel Pincuk, Sabtu.

Menurut dia, nasi pecel Madiun sangat khas dan beda dengan daerah lainnya. Karena itu harus dijadikan ikon. Baik bumbu sambal pecelnya, isian sayurannya, hingga lauknya.

Nasi pecel pincuk asal Kota Madiun begitu khas dengan sayuran berupa daun kenikir, daun pepaya, daun bayam, kecambah, bunga turi, krai rebus, dan lalapan lamtoro serta daun kemangi. Selain itu, dilengkapi rempeyek, kering tempe, serta serundeng.

Untuk sambalnya, pecel Madiun ditambahkan daun jeruk purut. Sedangkan daerah lain biasanya ditambahkan kencur. Selain itu, gula yang digunakan di sambal pecel Madiun adalah gula Jawa, sedangkan daerah lain memakai gula pasir.

"Jadi rasanya lebih mantap. Ciri khas ini yang harus dipertahankan. Yang kangen dengan pecel Madiun, biar langsung datang kesini," kata Maidi.

Selain mempromosikan nasi pecel Madiun, melalui kegiatan tersebut Pemkot Madiun juga ingin mengenalkan minuman pendamping pecel khas Madiun, yakni tape kembang.

"Ini juga sebagai pendongkrak para pelaku bisnis makanan khas Kota Madiun nasi pecel, agar bangga karena nasi pecel adalah makanan enak dan sehat," katanya.

Dalam kegiatan itu, ribuan warga Madiun dan sekitarnya terpantau memenuhi Alun-Alun Kota Madiun. Wali Kota Maidi bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi, Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya bersama suami R Bagus Aditama menyempatkan diri meladeni sejumlah warga, pembawa acara, dan artis yang meramaikan kegiatan tersebut. Di antaranya ada Indra Bekti, Chika Jessica, Via Vallen, dan lainnya.

Para pejabat, artis, dan ribuan warga yang memadati Alun-Alun Kota Madiun terlihat menikmati sajian nasi pecel pincuk tersebut secara bersama-sama.

Baca juga: Madiun pecahkan rekor dengan 16.825 nasi pecel pincuk

Baca juga: Motif batik ini terinspirasi nasi pecel

 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019