Batam (ANTARA) - Salon perawatan kuku menjadi salah satu objek wisata favorit wisatawan mancanegara, terutama asal Singapura yang menghabiskan akhir pekan di Kota Batam, Kepulauan Riau.

"Spa, perawatan badan dan kuku sangat diminati wisman," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Batam, Minggu.

Tingginya minat wisman seiring dengan menjamurnya salon kuku di Batam. Semua mal di Batam terdapat tempat perawatan khusus kuku yang selalu dipadati wisman, pada Sabtu dan Minggu setiap pekan.

Tidak hanya membersihkan yang panjang, wisatawan juga dapat mempercantik kukunya di sana. Salon-salon kuku tersebut mengklaim telah mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak, termasuk memenangkan berbagai perlombaan.

Ardi mengatakan, pemerintah menggandeng pihak swasta untuk memberikan diskon kepada wisman yang datang ke Batam, dalam program "hot deals".

"Ada berbagai macam paket yang ditawarkan. Ada juga tiket kapal dengan pelayanan perawatan badan dan kuku, spa," kata Ardi.

Seorang wisatawan warga Singapura, Cyntia mengatakan sangat menikmati perawatan kuku di Batam. Ia sengaja meluangkan waktu setiap bulan ke salon di kota yang berlokasi di seberang Negara Singa.

"Perawatan kuku di Batam, murah dan hasilnya juga bagus. Kuku saya selalu mendapat pujian dari kawan-kawan," kata dia.

Selain itu, petugas pelayannya juga ramah dan mampu mengaplikasikan keinginan pelanggan.

"Sebenarnya ke Batam bukan hanya untuk perawatan kuku, tapi sambil wisata makan dan belanja. Tapi kami selalu menyempatkan diri untuk ke salon kuku," kata dia.

Baca juga: Pemkot Batam ajak milenial promosikan wisata
Baca juga: Menpar: Batam-Bintan sempurna sebagai destinasi wisata

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019