Inovasi BNPB membuahkan penghargaan dari PBB

Inovasi BNPB membuahkan penghargaan dari PBB

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin mengangkat piala penghargaan yang diberikan untuk PetaBencana.id yang dibangun BNPB dalam ajang UNPSA yang diselenggarakan PBB di Baku, Azerbaijan, Senin (24/6/2019). (Humas Kementerian PANRB)

Jakarta (ANTARA) - Inovasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam membangun petabencana.id mendapat penghargaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin menerima Penghargaan Pelayanan Publik PBB tersebut di Heydar Aliyev Center, Baku, Azerbaijan, Senin (24/6).

"Inovasi peta bencana memberi akses informasi bencana secara real time, gratis dan mudah bagi publik, untuk memantau serta membaginya melalui berbagai platform media sosial," katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian yang diterima di Jakarta, Selasa.

Petabencana.id mampu mengumpulkan, menyortir, dan memvisualisasikan informasi dari media sosial ke dalam bentuk peta. Menurut Syafruddin, inovasi itu membuat masyarakat, unit swasta, dan pemerintah dapat berkontribusi optimal dalam merespons bencana secara simultan dan komprehensif.

Inovasi itu merupakan bagian dari upaya untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

"Indonesia berkomitmen mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas," kata Syafruddin, yang menerima penghargaan didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa, Sekretaris Utama BNPB Dody Ruswandi dan inovator Yayasan PetaBencana.id Mahardika Fatmastuti.

Dia mengatakan bahwa Indonesia berkomitmen meningkatkan pelayanan publik dengan menjalankan Gerakan Indonesia Melayani. Melalui Gerakan tersebut, pemerintah Indonesia gencar mempromosikan pentingnya masyarakat yang damai dan inklusif untuk pembangunan berkelanjutan, pembangunan institusi pemerintah yang efektif dan akuntabel, serta pengurangan kesenjangan melalui peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Kami juga membuka kesempatan luas untuk kolaborasi dengan mitra kerja internasional guna mewujudkan kontribusi signifikan bagi agenda 2030," tutur Syafruddin.

Baca juga:
PetaBencana.id BNPB raih penghargaan dari PBB
Kepala BNPB minta peneliti kembangkan sistem kesiapsiagaan bencana
Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019