Osaka (ANTARA) - Pemerintah Indonesia dan Turki melakukan pertemuan bilateral di sela KTT G20 di Osaka Jepang, Sabtu, antara lain membahas rencana kunjungan Presiden Recep Tayyip Erdogan ke Indonesia awal 2020.

Presiden Erdogan dalam pertemuan Dengan Presiden Joko Widodo sekali lagi menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Jokowi sebagai Presiden Indonesia untuk lima tahun ke depan.

"Terima kasih Presiden Erdogan atas ucapan selamatnya. Semua proses pemilu saat ini sudah selesai,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Erdogan adalah salah satu Kepala Negara yang pertama kali menelepon Presiden Widodo untuk menyampaikan ucapan selamat setelah hasil "quick count" diumumkan.

Baca juga: Erdogan ucapkan selamat Jokowi terpilih kembali

Baca juga: Presiden Erdogan: Turki akan buru semua kelompok teror

Baca juga: Erdogan: Turki terus dukung Pakistan


Terkait rencana kunjungan Erdogan ke Indonesia, kedua pemimpin meminta agar persiapan kunjungan mulai dapat dilakukan sehingga kunjungan menghasilkan kerja sama konkret yang menguntungkan kedua pihak.

Tahun 2028, Indonesia-Turki akan merayakan 70 tahun hubungan diplomatik.

Kedua Presiden juga sepakat melipatgandakan volume dan nilai perdagangan kedua negara. Presiden Turki menawarkan beberapa kerja sama industri strategis.

Turki juga telah menyampaikan dukungan atas pencalonan Indonesia di Dewan Hak Asasi Manusia PBB 2020-2022.
Presiden Jokowi dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan pertemuan bilateral di sela KTT G20 di Osaka Jepang, Sabtu (29/6/2019). ANTARA (Agus Salim)

Pewarta: Agus Salim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019