Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo kembali ke Tanah Air usai menghadiri KTT G20 di Osaka, Jepang, selama dua hari.

Menurut keterangan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, yang diterima Antara di Jakarta,  Sabtu, Presiden bersama Ibu Negara Iriana Widodo menumpang pesawat Indonesia-1 lepas landas dari Bandar Udara Internasional Kansai, Osaka, pada pukul 15.00 waktu setempat.

Sejumlah kegiatan pada hari kedua KTT G20 telah dilakukan oleh Presiden Jokowi, yakni pertemuan bilateral dengan PM India Narendra Modi, menghadiri "leaders’ side-event" tentang pemberdayaan perempuan, serta menjadi pembicara pada sesi yang membahas tentang upaya mengatasi kesenjangan, inklusivitas, dan pembangunan yang berkesinambungan.

Baca juga: Jokowi angkat isu pemberdayaan perempuan di hadapan pemimpin G20

Baca juga: Presiden Jokowi bahas kerja sama energi saat bertemu Pangeran Saudi


Presiden juga melakukan pertemuan bilateral dengan Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammad bin Salman, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menemui masyarakat Indonesia di Jepang sebelum pulang ke Tanah Air dari Osaka, Jepang, pada Sabtu (29/6/2019). (Muchlis Jr, Biro Pers Setpres)


Saat sebelum meninggalkan hotel, Presiden dan Ibu Iriana terlebih dahulu berfoto bersama sejumlah masyarakat Indonesia yang berada di Jepang serta keluarga besar Konsulat Jenderal RI Osaka dan Kedutaan Besar RI Tokyo.

Baca juga: Indonesia-India bahas isu ekonomi dan maritim

Baca juga: Presiden dorong kerja sama RI-Australia dalam pendidikan vokasi


Selain itu, pada saat di Bandara Kansai, sejumlah pejabat turut mengantar kepulangan rombongan kepresidenan yakni Duta Besar Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif dan Atase Pertahanan Kolonel Pnb Edwardus Wisoko.

Turut menyertai Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Tanah Air, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala BKPM Thomas Lembong, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsdya TNI Trisno Hendradi, Kepala Protokol Negara Andri Hadi, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, Staf Khusus Presiden Adita Irawati, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. 

Baca juga: Presiden Jokowi diagendakan pertemuan bilateral di sela KTT G20

Baca juga: Presiden Jokowi tiba di Osaka Jepang


 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019