Jayapura (ANTARA) - PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat mendistribusikan sebanyak 146 tabung penyimpan listrik (battery storage) kepada masyarakat, fasilitas umum dan pos keamanan yang daerahnya belum dijangkau jaringan listrik.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat JA Ari Dartomo di Jayapura, Kamis, mengatakan hingga kini 146 battery storage tersebut telah didistribusikan ke tiga lokasi, yakni 46 set untuk Jayapura, 75 set untuk Wamena serta 25 set untuk Merauke.

"Khusus daerah Jayapura seluruh battery storage telah terpasang, di mana dalam pelaksanaannya, pemasangan battery storage ini bekerja sama dengan Kodam XVII Cenderawasih untuk wilayah Wamena dan Merauke," katanya.

Menurut Ari, unit penyimpan listrik ini merupakan salah satu upaya PLN untuk memberikan penerangan kepada masyarakat, tempat sosial dan juga pos penjagaan di daerah perbatasan, di mana pihaknya berharap bantuan penerangan ini dapat memberikan manfaat kepada penerima.

"Sistem kerja battery storage menyerupai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yaitu menggunakan panel surya yang dihubungkan ke power bank atau tempat penyimpanan daya, laku nantinya daya yang tersimpan akan dialirkan ke tiga titik lampu yang ada," ujarnya.

Dia menjelaskan lokasi penerima dipilih karena saat ini daerah tersebut belum terlistriki oleh PLN, salah satu faktornya adalah kondisi geografis yang masih kurang memungkinkan untuk pemasangan jaringan dan pembangkit, yang mana pemasangan battery storage juga akan berpengaruh pada rasio elektrifikasi di Papua.

"Bantuan tersebut diharapkan dapat bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi yang lebih bagi penerima, PLN juga terus berupaya untuk mencari solusi terbaik bagi masyarakat yang belum terlistriki di daerah-daerah terpencil, tujuannya agar seluruh masyarakat Papua dapat menikmati listrik tanpa terkecuali," katanya lagi.

Senada dengan Ari Dartomo, Kepala Kampung Waley Kabupaten Jayawijaya Mathius Lembar mengatakan sebelumnya di daerahnya masih menggunakan pelita untuk penerangan sehingga dengan bantuan tersebut, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah melalui PLN yang telah membantu dengan memberikan lampu, semoga anak-anak dapat belajar dengan baik pada malam hari.

Baca juga: PLN Papua harap Jokowi lanjutkan pembangunan infrastruktur jalan
Baca juga: KEIN minta PLN jamin kesiapan listrik untuk PON di Papua

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019