Kota Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 448 Jamaah Calon Haji (JCH) tergabung dalam kloter 3 embarkasi Batam (BTH) mendapatkan visitasi dan edukasi dari bimbingan layanan ibadah secara intensif dari personel perlindungan jamaah berasal dari unsur TNI dan Polri.

"Bimbingan itu berlangsung di sektor 1 di aula Bashaharil Hotel 109. Alhamdulillah edukasi ibadah dan perlindungan jamaah ini berjalan dengan baik dan jamaah mengikutinya dengan antusias," Pranata Humas Ahli, Kanwil Kemenag Riau Vethria Rahmi di Pekanbaru, Sabtu.

Menurut Vethria Rahmi, seperti dilaporkan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Arifin SAg MSy bahwa bimbingan tersebut dipandu langsung oleh KH. Muhammad Syafii dan Dr. Habib, Salim al-Jufri Konsultan Bimbingan Ibadah sektor 01 Mekkah itu dan mereka menekankan tiga poin penting.

Ia menyebutkan, sejumlah materi yang disampaikan meliputi perkembangan aktivitas jamaah haji selama di kota Mekkah, pengetahuan manasik haji dan umrah, kegiatan haji dan perlindungan jamaah.

"Hakekat ibadah haji adalah lillah atau karena Allah SWT, kedua jamaah harus memahami makna saling membantu selama di tanah suci. Allah akan menolong hambanya selama hambanya menolong orang lain," katanya.

Terakhir, katanya, dalam layanan bimbingan ibadah diharapkan jamaah haji dapat menggunakan waktu yang sangat berharga tersebut selama di tanah haram.

Selain itu, tim layanan bimbingan ibadah bersama para konsultan bimbingan ibadah juga menyelenggarakan program visitasi bimbingan manasik untuk jamaah selama di Mekkah

"Oleh karena itu jamaah calon haji  Indonesia diimbau tidak perlu khawatir jika tidak memahami alur ibadah haji ketika sampai di tanah suci, karena ada konsultan bimbingan ibadah yang siap melayani jamaah di setiap sektor pemondokan di Kota Makkah," katanya.

Kebijakan ini diberlakukan terkait inovasi Kemenag sehubungan dengan intensifikasi layanan bimbingan ibadah dengan pemerintah yang menempatkan satu konsultan di setiap sektor.

Karena jamaah calon haji tinggal di beberapa sektor di Makkah dan Madinah, maka dengan area yang luas tentu membutuhkan banyak bimbingan badah sehingga perlu intensifikasi pelayanan bimbingan ibadah itu.

Baca juga: JCH Kloter 2 BTH saksikan pemotongan dam Haji Tamattu'
Baca juga: 443 JCH Kloter lima BTH selesai laksanakan umrah
Baca juga: 445 JCH Kloter 9 BTH mendarat dengan selamat di Madinah

Pewarta: Frislidia
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019