Dari sebanyak 1.353 Calhaj untuk gelombang kedua akan diberangkatkan ke Mekkah, mulai Minggu (21/7). Mereka tergabung dalam empat kloter yang akan diberangkatkan yakni Kloter 18, 19, 20 dan 29
Kota Pekanbaru (ANTARA) -
Sebanyak 1.353 Calon Haji (Calhaj) asal Provinsi Riau tergabung dalam gelombang kedua yang akan diberangkatkan ke tanah suci untuk melaksanakan rukun Islam kelima.

"Dari sebanyak 1.353 Calhaj untuk gelombang kedua akan diberangkatkan ke Mekkah, mulai Minggu (21/7). Mereka tergabung dalam empat kloter yang akan diberangkatkan yakni Kloter 18, 19, 20 dan 29," kata Pranata humas ahli, Kanwil Kemenag Riau Vethria Rahmi di Pekanbaru, Minggu.

Menurut dia, Jamaah Calon Haji asal Rokan Hulu menjadi jamaah pertama yang masuk Embarkasi Haji antara Riau pada gelombang kedua ini.

Rahmi mengatakan seperti dilaporkan Yusri Idris anggota siskohat PPIH EHA Riau sejak Sabtu (20/7) 2019 atau H-5 sebelum keberangkatan, seluruh dokumen jamaah sudah diperiksa oleh tim siskohat PPIH Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau.

"Pengecekan sudah dilakukan agar dokumen seluruh jamaah sudah lengkap dan dikelompokkan sesuai rombongan. Sedangkan jamaah Rohul sudah berada di Pekanbaru, dan mereka diinapkan di Hotel Prime Park dan Mutiara Merdeka, sebelum masuk ke embarkasi Haji Antara Minggu (21/7) pagi," katanya.

Baca juga: Calon haji Luwu batal berangkat karena hamil

Koordinator pemberangkatan Jamaah PPIH EHA Riau Asril menyebutkan, pengecekan dokumen paspor seluruhnya dilakukan oleh tim siskohat. Jika dokumen tidak siap, maka jamaah tidak dapat diberangkatkan ke Mekkah.

Asril menambahkan, terkait pemberangkatan jamaah akan melalui sejumlah tahap pemeriksaan dan acara pelepasan oleh Bupati Rohul

Berdasarkan update jadwal keberangkatan dan kedatangan jamaah haji kabupaten/kota di Embarkasi Haji Antara, tercatat untuk jumlah bus yang akan mengangkut jamaah setiap kloter pada gelombang kedua.

Bus disediakan untuk empat kloter, untuk kloter 18 dengan 10 bus, untuk kloter 19 dibawa 13 bus, dan 18 bus untuk 11 kab dan kota pada kloter 20, selain itu 3 bus mengangkut kloter 29 asal Pekanbaru, Kuansing dan Inhil.

Sementara itu bidang sekretariat PPIH juga sudah menyelesaikan administrasi surat dan menyurati sejumlah pimpinan daerah terkait acara pelepasan dan pemberangkatan jamaah.

Baca juga: Kloter pertama calon haji Aceh tiba di Jeddah
Baca juga: Jamaah jangan langsung pulang usai shalat di Masjidilharam


 

Pewarta: Frislidia
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019