Kota Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 442 Jamah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Rokan Hulu yang tergabung dalam kloter 8 tiba di asrama Embarkasi Haji Antara Riau, Minggu.

Jamaah kloter 8 itu 30 menit lebih awal datang yakni pukul 08.30 WIB ke embarkasi antara didampingi lima  petugas dan TPHD/TKHD dua  orang, kata Pranata Humas Ahli Kanwil Kemenag Riau, Vethria Rahmi di Pekanbaru, Minggu.

Menurut Vehtria Rahmi, seorang lainnya tidak masuk asrama karena sakit yakni Yazid Baca dari manifest 279. Berbeda dengan gelombang pertama, JCH gelombang kedua ini akan mendarat langsung di Jeddah dan melaksanakan umrah wajib.

Baca juga: 3.125 JCH Riau sudah mendarat di Madinah
Ia mengatakan, sesuai jadwal akan selesai nanti 1 kloter lagi gabungan dengan Provinsi lain yakni Kepri dan Kalbar, dimana jamaah asal Pekanbaru 1 orang merupakan TPHD, Kuansing 8, dan Inhil sebanyak 10 orang.

"Jamaah tersebut masuk diperkirakan pada 1 Agustus 2019," katanya.

Sebelumnya Kepala Kantor Kemenag Kab. Rohul, Saharudin mengatakan jamaah dilepas di Masjid Agung Islami Center Pasir Pangaraian. Mereka berangkat dari Rohul pada pukul 10.00 WIB Sabtu (19/07) dan langsung diinapkan di dua hotel berbeda.

"Sebanyak 150 jamaah menempati hotel Prime Park, dan 296 jamaah menempati Hotel Mutiara Merdeka.
Mereka menginap 1 malam di hotel tersebut dan Minggu (21/7) pagi atau pukul 07.30 WIB mereka sama-sama berangkat menuju EHA Riau," katanya.

Sebagian besar jamaah, kata Rahmi lagi, masih menjalani sejumlah tahapan di aula kedatangan EHA, dan tahapan itu tak berbeda dengan gelombang pertama.

Ia menyebutkan, Jamaah melalui pemeriksaan kesehatan, pemasangan gelang besi berwarna silver, menerima uang saku, dan menerima kunci kamar. 
Baca juga: 2.676 JCH Riau sudah di Tanah Suci
Baca juga: 450 JCH Kloter 10 sudah berangkat ke Tanah Suci

Pewarta: Frislidia
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019