Jakarta (ANTARA Kalbar) - Bank Mandiri menjalin kerjasama dengan PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) untuk penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan kredit non KUR serta pembiayaan yang diberikan Bank Mandiri kepada pihak ketiga

Nota kesepahaman kerjasama tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini dan Direktur Utama PT Askrindo Antonius Chandra S Napitupulu serta disaksikan oleh Deputi Bidang Jasa Keuangan Kementerian BUMN Parikesit Suprapto di Plaza Mandiri, Jakarta , Senin.

Berdasarkan perjanjian tersebut, selain kerjasama pengembangan bisnis yang akan dilakukan meliputi pertanggungan atau penjaminan oleh Askrindo juga kerjasama pemanfaatan jasa layanan dan sistem perbankan Bank Mandiri oleh Askrindo, serta sinkronisasi pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) agar memberikan dampak yang lebih besar.  

Terkait kredit non-KUR Bank Mandiri, Askrindo akan menjamin seluruh produk pembiayaan yang dimiliki, termasuk "bank guarantee", "letter of credit/LC", "supply chain financing", "surety bond" dan pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Menurut Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini, diperlukan sinergi yang baik untuk memberikan kontribusi bagi perbaikan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia, sehingga bisa lebih responsif, lebih adaptif, lebih efisien, lebih berkinerja sehingga dapat menciptakan nilai tambah bagi perekonomian maupun bagi masyarakat.

"BUMN merupakan pilar perekonomian nasional. Karena itu, kami ingin lebih berkontribusi dalam upaya perbaikan kesejahteraan masyarakat, dan bagi Bank Mandiri kerjasama ini merupakan salah satu dari upaya kami untuk dapat terus tumbuh bersama Indonesia," kata Zulkifli.    

Khusus mengenai penjaminan pembiayaan FLPP, Bank Mandiri juga telah menandatangani Kesepakatan dengan Askrindo terkait pembangunan sistem integrasi database.

Sedangkan Direktur Utama Askrindo Antonius Chandra S Napitupulu mengatakan, kerjasama ini merupakan upaya untuk meningkatkan sinergi antar BUMN dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.  

"Melalui pengalaman, kemampuan sumber daya dan keluasan jaringan yang dimiliki Bank Mandiri dan Askrindo, kerjasama ini diharapkan dapat membawa manfaat yang besar bagi masyarakat," katanya.

(D012)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012