Jakarta (ANTARA Kalbar) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat melakukan perombakan susunan pimpinan fraksi, komisi, dan alat kelengkapan di DPR RI.

"Perombakan komposisi pimpinan fraksi dan jajarannya di DPR RI adalah hal wajar untuk melakukan penyegaran dan peningkatan kinerja fraksi," kata Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, pergantian susunan pimpinan fraksi dan jajarannya di DPR RI untuk memberikan kesempatan menduduki jabatan di DPR RI dengan pertimbangan profesionalitas dan loyalitas.

Sebelumnya, kata dia, DPP Partai Demokrat sudah memberikan kesempatan kepada para kadernya untuk menduduki jabatan pimpinan di fraksi, komisi, dan alat kelengkapan di DPR RI selama dua setengah tahun.

"Saat ini sudah waktunya untuk melakukan perombakan untuk memberikan penyegaran. Fraksi-fraksi lainnya juga sudah melakukan perombakan," katanya.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Saan Mustopa, menambahkan perombakan susunan pimpinan fraksi, komisi, dan alat kelengkapan di DPR RI merupakan keputusan DPP Partai Demokrat yang telah mendapat persetujuan dari Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Susunan pimpinan fraksi, komisi, dan alat kelengkapan yang mengalami pergantian adalah, Ketua Fraksi Demokrat DPR RI adalah Nuhayati Ali Assegaf menggantikan Mohammad Jafar Hafsah.

Nurhayati sebelumnya adalah anggota Komisi I DPR RI serta Jafar Hafsah selanjutnya sebagai anggota Komisi IV DPR RI.

Kemudian, anggota Komisi II DPR RI, Ramadhan Pohan dipercaya menduduki jabatan Wakil Ketua Komisi I DPR RI menggantikan Hayono Isman.

Hayono Isman selanjutnya menempati posisi Wakil Ketua di Badan Kerja sama Antar Parlemen (BKSAP).

Taufik Effendi tetap menduduki jabatan Wakil Ketua Komisi II DPR RI.

Ketua Komisi III DPR RI Benny Kabur Harman, mendapat jabatan baru sebagai Wakil Ketua Komisi VI DPR RI.

Jabatan Ketua Komisi III DPR RI dipercayakan kepada I Gede pasek Suardika yang sebelumnya sebagai anggota Komisi II.

Herman Khaeron tetap sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI serta Mulyadi tetap sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI.

Kemudian, anggota Komisi VII DPR RI dipercaya sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR menggantikan Teuku Rafly Harsya yang selanjutnya sebagai anggota Komisi VII DPR RI.

Di Komisi VIII DPR RI, Gondo Radityo Gambiro tetap dipercaya sebagai wakil ketua.

Sedangkan di Komisi IX DPR RI, Nova Riyanti Yusuf yang sebelumnya anggota dipercaya menjadi wakil ketua menggantikan Ahmad Nizar Shihab.

Di Komisi X DPR RI jabatan wakil ketua yang sebelumnya diduduki Mahyudin kini digantikan oleh Agus Hermanto.

Mahyudin selanjutnya berada sebagai anggota Komisi X DPR RI.

Komisi XI DPR RI, Andi Timo dipercaya sebagai wakil ketua menggantikan Achsanul Qosasi yang selanjutnya sebagai anggota di komisi tersebut.

Pada alat kelengkapan dewan, posisi Wakil Ketua Badan Anggaran yang sebelumnya diduduki Mirwan Amir digantikan oleh Joko Ujianto.

Kemudian, jabatan Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) yang sebelumnya diduduki Tere Pardede kini diduduki oleh Indrawati Sukadis.

Posisi Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) masih dipercayakan kepada Yahya Sacawirya serta Ketua Badan Legislasi masih tetap dipercayakan kepada Ignatius Mulyono.

Di Badan Kehormatan, posisi wakil ketua tetap dipercayakan kepada Abdul Wahab Dalimonte. ***1***

(R024)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012