Tokyo (ANTARA Kalbar/AFP) - Toyota pada Jumat mengatakan akan meluncurkan sejumlah mobil kompak baru dengan harga sekitar 12.500 dolar AS di negara-negara berkembang.

Perusahaan menargetkan penjualan lebih dari satu juta dari model-model tersebut per tahun di pasar negara berkembang pada 2015.

Produsen mobil terbesar di Jepang itu mengatakan, akan membuat delapan mobil baru di pabrik di Thailand, Indonesia, India dan Brazil, dengan harga "sekitar 1,0 juta yen (12.500 dolar AS) atau lebih."

"Kami tidak menjual mobil dengan harga 500.000 yen," wakil presiden  eksekutif Toyota, Yukitoshi Funo mengatakan kepada wartawan di kantor pusatnya di Tokyo.

Sementara model-model baru yang tepat ditujukan untuk negara berkembang, termasuk China, Indonesia dan Brazil, "jika pelanggan di Amerika Serikat atau Eropa seperti mereka, saya fleksibel akan berpikir tentang (menjual mereka di sana)," tambah Funo.

Pada 2010, perusahaan meluncurkan mobil kompak Etios untuk pasar India dengan harga dasar sekitar 10.000 dolar AS, masih jauh lebih tinggi dari saingan dalam negeri seperti Tata Motors, yang menjual Nano untuk sedikit seharga 2.900 dolar AS.

(A026)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012