Jakarta (ANTARA kalbar) - Bank Mandiri menyediakan fasilitas sistem pembayaran online kepada PT Pelindo II dan PT Pelindo IV untuk mempermudah pengguna jasa pelabuhan dalam melakukan transaksi pembayaran jasa.

Fasilitas tersebut diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan efisiensi dalam menggunakan jasa pelabuhan.

Penandatanganan kerja sama penyediaan layanan perbankan tersebut dilakukan oleh Direktur Institutional Banking Bank Mandiri Abdul Rachman dengan Direktur Keuangan PT Pelindo II Mulyono dan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok dengan Direktur Keuangan PT Pelindo IV Sumardiyo di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis.

Pasca penandatanganan ini, para pengguna jasa pelabuhan dapat melakukan pembayaran secara online mulai 11 Juni 2012.

Direktur Institutional Banking Bank Mandiri Abdul Rachman mengatakan, kerja sama ini merupakan bentuk dukungan perseroan kepada Pelindo II dan pelindo IV, sebagai pengelola pelabuhan, dalam menjalankan misi utamanya yaitu mengembangkan pelabuhan untuk mendorong peningkatan transaksi perdagangan di Indonesia, baik perdagangan nasional maupun internasional.

Langkah kerja sama tersebut diharapkan mampu mendukung upaya penguatan perekonomian di Tanah Air.

"Kami juga berharap sistem ini dapat meningkatkan efisiensi operasional pelabuhan dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan, terutama pengelolaan pelabuhan yang menjadi salah satu tumpuan dalam peningkatan perdagangan internasional Indonesia," kata Abdul Rachman .

PT Pelabuhan Indonesia II merupakan perusahaan milik negara yang mengelola 12 pelabuhan yaitu Teluk Bayur, Jambi, Bengkulu, Palembang, Panjang, Pangkal Balam, Tanjung Pandan, Banten, Sunda Kelapa, Tanjung Priok, Cirebon, dan Pontianak.

Sementara Pelindo IV mengelola 20 pelabuhan yang berada di Indonesia bagian timur seperti Makassar, Balikpapan, Samarinda, Ambon, Sorong, Jayapura, Nunukan, Manado, Biak, Merauke dan pelabuhan lainnya.

Melalui layanan transaksi online yang menggunakan sistem host to host ini, Pelindo II dan Pelindo IV akan mendapat informasi transaksi pembayaran dari pengguna jasa secara real time sehingga proses rekonsiliasi pembayaran dapat segera dilakukan, mengingat sistem yang berada di Pelindo II dan IV sudah terintegrasi dengan Bank Mandiri.     
 
Untuk Pelindo II, selain penyediaan layanan host to host, dapat juga memanfaatkan fasilitas Auto Collection Mandiri Cash management dan Mandiri Click Pay.

(D012)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012